Pencapaian Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Lesson Study pada Pembelajaran Matematika Ekonomi

Penulis

  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1292

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalahmenelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan metode Lesson study dibandingkan dengan Pembelajaran Langsung.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttes only dengan populasi penelitian yaitu mahasiswa  salah satu Perguruan Tinggi di Karawang. Instrumen tes mencakup tes kemampuan pemahaman matematik dengan indikator dan variabel yang diukur adalah tingkat kemampuan pemahaman matematik. Data diolah menggunkan Software SPSS versi 22 for Windows, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematik mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Lesson Study lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran Langsung. Jadi dapat disimpulkan model Lesson Studydapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya mata kuliah Matematika Ekonomi.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Lessa Roesdiana, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Matematika

Nita Hidayati, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Matematika

Referensi

Cai, J., & Ding, M. (2015). On mathematical understanding: perspectives of experienced Chinese mathematics teachers. Journal of Mathematics Teacher Education, 18(5). doi: 10.1007/s10857-015-9325-8.

Lewis, C.C. (2002). Lesson Study: A Handbook of Teacher-LedInstructional Change, Philadelphia, PA: Research for BetterSchools, Inc.

Minarni, A. (2017). On Eight Grade Students Understanding in Solving Mathematical Problems. Asian Social Science, 13(12), 86-96. doi: 10.5539/ass.v13n12p86.

Rohmah, M. S. (2013). Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran, Komunikasi Matematis dan Self-Awarenes Siswa SMP. Tesis. Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Inerson, P.W., and Yoshida, M. (2005). Building Our Understanding of Lesson Study. Philadelphia, PA: Research for Better Schools.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-02

Cara Mengutip

Roesdiana, L., & Hidayati, N. (2018). Pencapaian Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Lesson Study pada Pembelajaran Matematika Ekonomi. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 71–76. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1292

Terbitan

Bagian

Artikel