Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Model Problem Based Calculus Learning Berbantuan Geogebra

Authors

  • Yayu Laila Sulastri Universitas Islam Nusantara
  • Deti Ahmatika Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2254

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran keterampilan abad 21 mahasiswa melalui model pembelajaran Problem Based-Calculus Learningbantuan software Geogebra pada kalkulus integral. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenografi. Adapun subjek pada penelitian ini berjumlah 30 semester III Pendidikan Matematika tahun ajaran 2019/2020 kemudian 3 mahasiswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling dari keseluruhan mahasiswa untuk melakukan wawancara. Teknik atau langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah memberikan soal-soal keterampilan abad 21 meliputi  kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan berpikir kreatif serta angket, menganalisis hasil tes keterampilan abad 21 dan jurnal, mengelompokkan mahasiswa ke dalam kelompok atas, menengah, dan bawah untuk kemudian dipilih 3 mahasiswa guna diwawancarai terkait hasil tes. Wawancara ini bertujuan untuk mengklarifikasi hasil tes keterampilan abad 21 dan angket kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah keterampilan abad 21 mahasiswa kelompok atas adalah baik, keterampilan mahasiswa kelompok sedang adalah cukup baik, dan keterampilan mahasiswa kelopmpok bawah masih kurang baik.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R.I. (2012). Learning to Teach (9th ed). NY: McGraw-Hill Companies, Inc.

Djidu, dkk. (2017). Model Pembelajaran Kalkulus Berbasis Masalah. Yogyakarta: UNY Press

Eggen, P, dkk. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir (Strategie and Models for Tearchers: Teaching Content and Thinking Skills). (6th ed). (S. Wahono, Trans.). Boston: Pearson

Griffin, P, dkk. (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Dordrecht: Springer

Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. Jakarta: Dit. PSMA

Tan, O. S. (2003). Enhanching Thinking through Problem-Based Learning Approaches. Singapore: Cengange Learning.

Rohman, F. M. (2018). Panduan Penggunaan GeoGebra. [Online]. Tersedia: http://www.mathzone.web.id [5 September 2019]

The Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definitions. [Online]. Tersedia:http://www.p21.org/storage/documents/docs/P21_Framework_ definitions_New_Logo_2015. [27 September 2019]

Trilling, dkk. (2009). 21st Century Skills: Learning for in Our Times. San Fransisco: Jossey-Bass.

Published

2020-01-24

How to Cite

Sulastri, Y. L., & Ahmatika, D. (2020). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Model Problem Based Calculus Learning Berbantuan Geogebra. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 42–54. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2254