Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Model Problem Based Calculus Learning Berbantuan Geogebra
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2254Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran keterampilan abad 21 mahasiswa melalui model pembelajaran Problem Based-Calculus Learningbantuan software Geogebra pada kalkulus integral. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenografi. Adapun subjek pada penelitian ini berjumlah 30 semester III Pendidikan Matematika tahun ajaran 2019/2020 kemudian 3 mahasiswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling dari keseluruhan mahasiswa untuk melakukan wawancara. Teknik atau langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah memberikan soal-soal keterampilan abad 21 meliputi kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan berpikir kreatif serta angket, menganalisis hasil tes keterampilan abad 21 dan jurnal, mengelompokkan mahasiswa ke dalam kelompok atas, menengah, dan bawah untuk kemudian dipilih 3 mahasiswa guna diwawancarai terkait hasil tes. Wawancara ini bertujuan untuk mengklarifikasi hasil tes keterampilan abad 21 dan angket kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah keterampilan abad 21 mahasiswa kelompok atas adalah baik, keterampilan mahasiswa kelompok sedang adalah cukup baik, dan keterampilan mahasiswa kelopmpok bawah masih kurang baik.Unduhan
Referensi
Arends, R.I. (2012). Learning to Teach (9th ed). NY: McGraw-Hill Companies, Inc.
Djidu, dkk. (2017). Model Pembelajaran Kalkulus Berbasis Masalah. Yogyakarta: UNY Press
Eggen, P, dkk. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir (Strategie and Models for Tearchers: Teaching Content and Thinking Skills). (6th ed). (S. Wahono, Trans.). Boston: Pearson
Griffin, P, dkk. (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Dordrecht: Springer
Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. Jakarta: Dit. PSMA
Tan, O. S. (2003). Enhanching Thinking through Problem-Based Learning Approaches. Singapore: Cengange Learning.
Rohman, F. M. (2018). Panduan Penggunaan GeoGebra. [Online]. Tersedia: http://www.mathzone.web.id [5 September 2019]
The Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definitions. [Online]. Tersedia:http://www.p21.org/storage/documents/docs/P21_Framework_ definitions_New_Logo_2015. [27 September 2019]
Trilling, dkk. (2009). 21st Century Skills: Learning for in Our Times. San Fransisco: Jossey-Bass.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.