Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linier
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3013Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis mahasiswa pada mata kuliah program linier. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah quasi experiment design dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampling jenuh yaitu semua populasi diambil menjadi sampel. Hal ini dikarenakan, mahasiswa semester empat program studi pendidikan matematika FKIP UIR pada tahun ajaran 2018/2019 hanya terdiri dari 2 (dua) kelas. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dari kedua kelas sampel tersebut menggunakan simple random sampling. Sehingga diputuskan bahwa mahasiswa kelas eksperimen yaitu mahasiswa semester IVA dan sebagai kelas kontrol yaitu mahasiswa semester IVB. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis mahasiswa pada mata kuliah program linier dengan penggunaan pembelajaran matematika kontekstual didapat nilai Sig. (2-tailed) sebesar maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima maka hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima, artinya terdapat pengaruh pembelajaran matematika kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis mahasiswa pada mata kuliah program linier
Downloads
References
Andi, P., Maulana, & Hermas, S. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik dengan RME. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 31–40.
Anis, F., Susi, S., & Ervin, O. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTs negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Edukasi, 4(1), 30–33.
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Infinity, 2(1), 85–99.
Ikin, A. S., & Benard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1).
Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Owens, T. (2001). Teacher Preparation for Contextual Teaching and Learning A Statewide Consortium Model. Portland, Oregon: Northwest Regional Educational Laboratory.
Putriyani, K., Aisyah, & Basri, H. S. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII MTSN Olak Kemang Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 2018.
Ruseffendi, H. E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru MengembangkanKompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Selvianiresa, & Prabawanto. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. Journal of Physics. Conf. Series 895 012171, 3.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovativ dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yolanda, F., & Amelia, S. (2018). Peningkatan kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Accelerated Learning Cycle. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(2), 268–274.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).