Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dengan Pembelajaran Guided Discovery Learning

Penulis

  • Putri Cantika Ramananda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Sujinal Arifin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Liana Septy Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10081

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang kemampuan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran guided discovery learning pada  pembelajaran materi statistika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain one-shot case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk uraian sebanyak 7 soal tes dan wawancara. Kemampuan pemahaman konsep dilihat dari analisis jawaban siswa pada soal tes yang diberikan kepada 28 peserta didik dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 46 Palembang. Dari hasil tes ini selanjutnya dilakukan wawancara pada 4 peserta didik yang mendapatkan skor kemampuan dengan tiga kategori rendah, sedang dan tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari 20 orang siswa sudah memenuhi indikator-indikator kemampuan pemahaman konsep dengan rata-rata jawaban 80%-93% dengan nilai rata-rata “83,88” kriteria penilaian sangat baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, Ani (2021). Metode guided discovery dalam pembelajaran matematika. Aceh : Syiah Kuala University Press.

Amin & Linda yurike susan sumendap. (2022). 164 model pembelajaran kontemporer. Bekasi : Pusat LPPM Universitas Islam 45.

Apsari, P. N., & Swaditya Rizki. (2018). Media pembelejaran matematika berbasis android pada materi program linear. Jurnal Pendidikan matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1). 163- 168.

A, Rasul, Subhanudin & Ruben Sonda. (2022). Statistika pendidikan matematika.

Kediri : CV. Kreator Cerdas Indonesia.

Arigiyati, T. A., Kusmanto, B., & Widodo, S. A. (2018). Validasi Instrumen Modul Komputasi Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(1), 23-29.

Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40-51.

Astawana, I. G. L. P., dkk. (2018). Inovasi pembelajaranku. Bali: Yayasan er institute.

Astra, I made & Rifa syarifatul hamidah. (2017). Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik melalui model guided discovery learning kelas XI mipa ppada materi suhu dan kalor. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan fisika, Vol 3(2).Hal 181.

Azis, A. C. K., dkk. (2021). Pengajaran micro teaching. Banten : Media Sains Indonesia.

Baiduri, Christina Wardani., & Utomo, D. P. (2021). Pemahaman konsep geometri ditinjau dari kecerdasan interpersonal dari interpersonal. Malang: UNM.

Branch. (2009). Desain instruksional pendekatan ADDIE. Georgia : Departemen Psikologi Pendidikan dan Teknologi Instruksional Universitas Georgia.

Daniati, Devi Wahyu., dkk. (2020). 27 cara asyik belajar matematika.

Magelang : Pustaka rumah cinta.

Eggen, Paul & Kauchack. (2012) . Strategi dan model pembelajaran mengajarkan konten dan keterampilan berfikir, Edisi 6. Jakarta barat: PT. Indeks.

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127-133.

Mawaddah, Siti dan Ratih Maryanti. (2016). Kemampuan pemahaman konsep siswa smp dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 4(1), Hal 76-79.

Mayasari, novi., Anita Dewi Utami & Puput suriyah. (2022). Buku ajar matematika sekolah. Tasikmalaya : Rumah Cemerlang Indonesia.

Muderawan, I Wayan., dkk. (2019). Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol 3 (1), Hal 17 -23.

Nana. (2022) . Pengembangan bahan ajar pendidikan fisika berbasis model pembelajaran POE2WE. Klaten : Penerbit Lakeisha.

Nasruddin., dkk. (2022). Pengembangan bahan ajar. Sumatera Barat: PT.Global Eksekutif teknologi.

Nur, Fitriani & Masita. (2022). Pengembangan pembelajaran matematika. Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia.

Prihatiningtyas, Suci & Fatikhatun Nikmatus Sholihah. (2020). Physich learning by e-module. Jawa Timur: Fakultas Pertanian Universitas KH.A.Wahab Hasbullah.

Rayanto, Yudi Hari & Sugianti. (2020). Penelitian pengembangan model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan : Lembaga Academic & Research Institude.

Ridho, F., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Aplikasi Android Contruct 2 untuk Media E-Learning pada Materi Peluang. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 165-171.

Risnawati, Melinda., & Anita, S. R. H. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP persada khatulistiwa sintang. Jurnal Pendidikan dasar perkhasa, 4(1). 97.

Ruqoyyah, Siti., dkk. (2020). Kemampuan pemahaman konsep dan resiliensi matematika dengan VBA Microsoft excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Retnawati, Heri. (2015). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rosita, Eliana. (2022). Pengembangan leaflet angiospermae. (n.d). (n.p.): Mualimin.

Sajaka, Kamta Agus., dkk. (2019). Buku siswa explore matematika. Bandung: Penerbit Duta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanti, Erina Dwi., dkk. (2021). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf corporate pada materi luas dan volume bola. Jurnal Pendidika Matematika, Vol.3(1). Hal. 40-41.

Syahrial., dkk. (2019). E- Modul Etnokontruktivisme : Implementasi pada kelas v sekolah dasar ditinjau dari presepsi, minat dan motivasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 21(1). 167 – 168.

Virlianti, Y. (2002). Analisis pemahaman koonsep siswa dalam memecahkan kontekstual pada pembelajaran matematika melalui pendekatan realistik. Bandung : FMIPA UPI

Yolanda, Dilla Desvi. (2020). Pemahaman konsep matematika dengan metode Discovery. Depok : Guepedia Group.

Yusuf, Yusfita., dkk. (2020). Call for book tema 3 (media pembelajaran).

Surabaya : Jakad Media Publishing.

Zulmi, Nurul., dkk. (2018). Pengembangan Rumfis (Rumus Fisika) berbasis program matlab pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 2 Labuapi kelas VII tahun ajaran 2017/2018. Jurnal hasil kajian, inovasi, dan aplikasi pendidikan fisika. Vol 4(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Ramananda, P. C., Arifin, S., & Liana, L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dengan Pembelajaran Guided Discovery Learning. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(1), 129–141. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10081