Bagaimana Respon Siswa terhadap E-Modul Matematika dengan Konteks Budaya Sumatera Selatan?

Penulis

  • Hartatiana Hartatiana Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia
  • Ambarsari Kusuma Wardani Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10787

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan e-modul dengan konteks kearifan lokal Sumatera Selatan dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP. Melibatkan siswa kelas IX dari empat sekolah berbeda di Sumatera Selatan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul tersebut. Metodologi penelitian mencakup tahap One-to-one dan small group dengan fokus pada kejelasan, kemudahan penggunaan, dan ketertarikan siswa terhadap materi dalam e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merespons positif terhadap e-modul, menunjukkan antusiasme tinggi terhadap fitur multimedia seperti gambar, video, dan soal interaktif. Keberagaman elemen multimedia membantu menjelaskan konsep matematika secara visual dan kontekstual, menjadikan pembelajaran lebih menarik. Fleksibilitas e-modul memungkinkan siswa belajar mandiri di mana saja dan kapan saja, mengatasi kendala ruang dan waktu dalam pembelajaran konvensional. Integrasi kearifan lokal diakui sebagai nilai tambah, memberikan siswa wawasan tambahan tentang budaya Sumatera Selatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul dengan konteks kearifan lokal Sumatera Selatan memberikan dampak positif dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adon, M. (2022). Menggali Konsep Filosofis Mbaru Gendang Sebagai Simbol Identitas Dan Pusat Kebudayaan Masyarakat Manggarai, FLORES-NTT. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 24(2).

Amerstorfer, C. M., & Freiin von Münster-Kistner, C. (2021). Student perceptions of academic engagement and student-teacher relationships in problem-based learning. Frontiers in Psychology, 12, 4978.

Andriani, S., Ramadhona, R., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan E-modul interaktif berbantuan software sigil pada materi geometri dengan permasalahan kontekstual kelas XI SMK. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 692–700.

Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., & Tanghal, A. B. (2023). Implementation the Ethnoscience-Based Smart Module to Improve Students’ Patriotism Character. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(2).

Bada, J. K., Asianzu, E., Lugemwa, B., Namataba, J., & Milburga, A. (2020). An Empirical Study on E-Learning Uptake by Teaching Staff at Makerere University Business School. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 16(2), 188–206.

Bikoir, T., Astuti, I., & Suratman, D. (2022). Analysis Of E-Module Design Development Needs on Grade Vi Elementary School Math Learning. Jurnal Scientia, 10(2), 323–331.

Charmila, N., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198–207.

Dewi, P. D. P., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 10(1), 156–166.

Dwivedi, Y. K., Hughes, L., Ismagilova, E., Aarts, G., Coombs, C., Crick, T., Duan, Y., Dwivedi, R., Edwards, J., & Eirug, A. (2021). Artificial Intelligence (AI): Multidisciplinary perspectives on emerging challenges, opportunities, and agenda for research, practice and policy. International Journal of Information Management, 57, 101994.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18–26.

Gyimah, N. (2022). Assessing technological innovation on education in the world of coronavirus (COVID-19). Annal Immunology & Immunotherapy, 4(1), 158.

Hutagalung, T., Adisaputera, A., & Akbar, S. (2022). Development of Flipbook Maker-Based E-Modules in Prose, Poetry, and Drama Teaching Courses in the Indonesian Language and Literature Education Study Program FBS Unimed. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).

Istiningsih, S., & Heri, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Permainan Mpa’a Gopa Untuk Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas IV Tahun Ajaran 20121/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Kristina, H., Vitasari, M., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Literasi Sains Tema Ayo Siaga Bencana untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 754–763.

Laurens, T. (2018). The Effectiveness of Local Wisdom Based-Realistic Mathematics Learning to Improve Learners’ Characters at State Elementary Schools in Ambon City. First Indonesian Communication Forum of Teacher Training and Education Faculty Leaders International Conference on Education 2017 (ICE 2017), 611–615.

Nabayra, J. N. (2020). Video-Based E-Module for Mathematics in Nature and Students’ Learning Experiences in a Flipped Classroom. Journal of Science & Mathematics Education in Southeast Asia, 43.

Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Paket Agung. Jurnal Edutech Undiksha, 7(1), 12–22.

Nuraini, L. (2022). Integrasi nilai kearifan lokal dalam pembelajaran matematika sd/mi kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui media berbasis kearifan lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17–32.

Putri, L. S., Setiani, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2023). E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Pengetahuan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 880–890.

Rahmayani, M., & Asrizal, A. (2023). Enhancing Student’s Skills: Need Analysis To Develop E-Modul Integrated Problem-Based Learning Model On Smartphone-Based. Physics Learning and Education, 1(2), 81–90.

Ramawangsa, P. A., & Prihatiningrum, A. (2022). Penggunaan Digital Virtual Design dalam Mengenalkan Kearifan Lokal Konstruksi Hunian Vernakular Suku Rejang. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 501–511.

Rofi’i, M., Iswari, R. S., & Indriyanti, D. R. (2022). Development of E-Module Ethnobotany Based on Lombok Local Wisdom to Improve Student Motivation and Learning Outcomes in High School. Journal of Innovative Science Education, 11(3), 362–372.

Rosa, S., Olivia, I., Gayatri, S., Fitria, T. N., & Rojabi, A. R. (2021). Increasing Youth Awareness of Local Culture Through Active Learning. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(4), 1582–1601.

Sanova, A., Bakar, A., Afrida, A., Kurniawan, D. A., & Aldila, F. T. (2022). Digital Literacy on the Use of E-Module Towards Students’ Self-Directed Learning on Learning Process and Outcomes Evaluation Cources. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(1), 154–164.

Tessmer, M. (2013). Planning and conducting formative evaluations. Routledge.

Umbara, U. (2021). Realistic Mathematics Education in Traditional Community Culture. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 10(1), pp-93.

Untu, Z. (2022). Development of an Ethnomathematics-Based e-Module to Improve Students’ Metacognitive Ability in 3D Geometry Topic. IJIM, 16(03), 33.

Wong, C. H. S., Tsang, K. C. K., & Chiu, W.-K. (2021). Using augmented reality as a powerful and innovative technology to increase enthusiasm and enhance student learning in higher education chemistry courses. Journal of Chemical Education, 98(11), 3476–3485.

Woodcock, B., Middleton, A., & Nortcliffe, A. (2012). Considering the Smartphone Learner: an investigation into student interest in the use of personal technology to enhance their learning. Student Engagement and Experience Journal, 1(1), 1–15.

Yuliana, Y., Fathurohman, A., & Siahaan, S. M. (2023). Analysis of Needs for the Development of Local Wisdom-Based Junior High School Science E-Modules Related to Ethnoscience in South Sumatera. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 7865–7870.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Hartatiana, H., & Wardani, A. K. (2024). Bagaimana Respon Siswa terhadap E-Modul Matematika dengan Konteks Budaya Sumatera Selatan?. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(1), 73–86. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10787