Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Penulis

  • Abdul Rosyid STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Uba Umbara STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1326

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan GeoGebra dibandingkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang memperoleh pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kuningan Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan (sampling purposive). Kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan GeoGebra sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang selanjutnya dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

 

DOI

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Abdul Rosyid, STKIP Muhammadiyah Kuningan

Pendidikan Matematika

Uba Umbara, STKIP Muhammadiyah Kuningan

Pendidikan Matematika

Referensi

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Pugalee, D. K., Bissell, B., Lock, C., & Douville, P. (2003). The Treatment of Mathematical Communication in Mainstream Algebra Texts. The Mathematics Education into the 21st Century Project Proceedings of the International Conference The Decidable and the Undecidable in Mathematics Education Brno, Czech Republic, September 2003, 238-241.

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(1), 44-52.

Rosyid, A. (2015). Pembelajaran Matematika Berbasis Fenomena Didaktis Melalui Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. Tesis pada SPs Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: Tidak Diterbitkan.

Ruseffendi. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Setiawan. (2010). Strategi Pembelajaran Matematika SMA. Bahan Ajar Diklat Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar. Depdiknas.

Slavin, R. E., & Lake, C. (2008). Effective Programs in Elementary Mathematics: A Best-Evidence Synthesis. Washington: Johns Hopkins University.

Yuliardi, R., & Rosyid, A. (2017). Easy Maths With GeoGebra. Cirebon: Nurjati Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-02

Cara Mengutip

Rosyid, A., & Umbara, U. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 84–89. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1326

Terbitan

Bagian

Artikel