Analisis Kebutuhan Sumber Belajar Matematika Untuk Siswa Diskalkulia Sebagai Acuan Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal

Penulis

  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus
  • Syafiul Muzid Universitas Muria Kudus
  • Tatang Yuli Eko Siswono Universitas Negeri Surabaya
  • Masriyah Masriyah Universitas Negeri Surabaya
  • Galih Kurniadi SD 2 Puyoh

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5164

Abstrak

Sumber belajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran matematika sebab membantu kelancaran belajar siswa terutama untuk siswa yang memiliki hambatan dalam belajar matematika. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan sumber belajar matematika untuk siswa diskalkulia. Artikel ini merupakan artikel dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dasar di Kabupaten Kudus dengan jumlah empat puluh delapan orang yang dipilih seara acak. Data penelitian diperoleh dari pengisian angket kebutuhan sumber belajar matematika. Hasil analisis angket kebutuhan tersebut menunjukkan perlunya pengembangan sumber belajar khusus untuk siswa diskalkulia yang dikaitkan dengan kearifan lokal Kudus. Modul memudahkan siswa diskalkulia dalam mempelajari konten matematika yang sifatnya abstrak

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. (2010). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Atmaja, Jati Rinarki. (2017). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media

Deviana, Tyas. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembagnan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung untuk Kelas V SD Tema Bangga sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Vol 6 No 1 hal. 47-56

Lerner, J. (2002). Learning disabilities and Related Mild Disabilities 9th Edition. Boston: Houghton Mifflin Company

Nurdin, Syafrudin dan Adriantoni. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rifa’I Achmad dan Anni Tri Catharina. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Runtukahu, J. Tombokan dan Kandou, Selpius. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sundayana, Rostina. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-28

Cara Mengutip

Purwaningrum, J. P., Muzid, S. ., Yuli Eko Siswono, T. ., Masriyah, M., & Kurniadi, G. . (2021). Analisis Kebutuhan Sumber Belajar Matematika Untuk Siswa Diskalkulia Sebagai Acuan Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5164

Terbitan

Bagian

Artikel