Analisis Kebutuhan Sumber Belajar Matematika Untuk Siswa Diskalkulia Sebagai Acuan Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5164Abstrak
Sumber belajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran matematika sebab membantu kelancaran belajar siswa terutama untuk siswa yang memiliki hambatan dalam belajar matematika. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan sumber belajar matematika untuk siswa diskalkulia. Artikel ini merupakan artikel dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dasar di Kabupaten Kudus dengan jumlah empat puluh delapan orang yang dipilih seara acak. Data penelitian diperoleh dari pengisian angket kebutuhan sumber belajar matematika. Hasil analisis angket kebutuhan tersebut menunjukkan perlunya pengembangan sumber belajar khusus untuk siswa diskalkulia yang dikaitkan dengan kearifan lokal Kudus. Modul memudahkan siswa diskalkulia dalam mempelajari konten matematika yang sifatnya abstrak
Unduhan
Referensi
Abdurrahman, Mulyono. (2010). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Atmaja, Jati Rinarki. (2017). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media
Deviana, Tyas. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembagnan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung untuk Kelas V SD Tema Bangga sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Vol 6 No 1 hal. 47-56
Lerner, J. (2002). Learning disabilities and Related Mild Disabilities 9th Edition. Boston: Houghton Mifflin Company
Nurdin, Syafrudin dan Adriantoni. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rifa’I Achmad dan Anni Tri Catharina. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press
Runtukahu, J. Tombokan dan Kandou, Selpius. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sundayana, Rostina. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.