An analysis of Elementary School Students' Errors in Solving Statistics Problems in Online Learning during a Pandemic Period
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5302Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal-soal statistika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini diambil dengan purposive sampling dan didapatkan 4 orang siswa terpilih. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa beberapa siswa melakukan kesalahan dikarenakan pemahaman materi yang tidak baik, kesalahan menulis alur atau sistematika jawaban, kesalahan keterampilan proses, kemampuan dasar perkalian yang masih rendah, dan kesalahan dalam membaca grafik. Faktor penyebab kesalahan siswa yaitu minat belajar yang kurang dikarenakan pembelajaran daring yang saat ini diterapkan hanya sekedar pemberian materi dan tugas dari guru saja serta tidak adanya pemberan penjelasan materi dari guru meskipun secara daring, ketidaktelitian siswa, kurangnya penguasaan perkalian yang seharusnya dasar perkalian sudah dikuasai dari tingkat kelas 4, tidak pahamnya konsep materi, tidak paham dalam mengoperasikan perhitungan, dan ketidakbiasaan siswa dalam menuliskan kesimpulan.
Unduhan
Referensi
Indra, P. (2017). Analisis Kesulitan belajar matematis dilihat dari Newman analysis procedure siswa SMP, Jurnal Pendidikan dan Pedagogi, 4(2), 11-23.
Jackson, I.R. (2018). Mathematical thinking process in Newman error analysis. Journal in Mathematical and Sciences, 5(2), 432-447.
Kebudayaan, M. P. D., & Indonesia, R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).
Misdfelt, W.S. (2016). Students’ mathematical process and newman analysis process. Journal for Pedagogical and Procedure, 5(1), 44-59.
Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2014). Impact of Learner's Characteristics and Learning Behaviour on Learning Performance during a Fully Online Course. Electronic Journal of e-learning, 12(4), 394-408.
Sandra, J.S. (2019). Mathematical thinking and skills and students’ error analysis. Journal Pedagogical Teaching, 6(1), 99-108.
Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam pemecahan masalah matematika. Matematika, 19(2), 123-130.
Ulifa, S.N. (2014). Hasil analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 4(2), 458-468.
Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: An analysis of students' errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 555-584.
Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.