An analysis of Elementary School Students' Errors in Solving Statistics Problems in Online Learning during a Pandemic Period

Penulis

  • Iyan Rosita Dewi Nur Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Vara Nina Yulian Universitas Subang
  • Laelasari Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5302

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal-soal statistika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini diambil dengan purposive sampling dan didapatkan 4 orang siswa terpilih. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa beberapa siswa melakukan kesalahan dikarenakan pemahaman materi yang tidak baik, kesalahan menulis alur atau sistematika jawaban, kesalahan keterampilan proses, kemampuan dasar perkalian yang masih rendah,  dan kesalahan dalam membaca grafik. Faktor penyebab kesalahan siswa yaitu minat belajar yang kurang dikarenakan pembelajaran daring yang saat ini diterapkan hanya sekedar pemberian materi dan tugas dari guru saja serta tidak adanya pemberan penjelasan materi dari guru meskipun secara daring, ketidaktelitian siswa, kurangnya penguasaan perkalian yang seharusnya dasar perkalian sudah dikuasai dari tingkat kelas 4, tidak pahamnya konsep materi, tidak paham dalam mengoperasikan perhitungan, dan ketidakbiasaan siswa dalam menuliskan kesimpulan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Indra, P. (2017). Analisis Kesulitan belajar matematis dilihat dari Newman analysis procedure siswa SMP, Jurnal Pendidikan dan Pedagogi, 4(2), 11-23.

Jackson, I.R. (2018). Mathematical thinking process in Newman error analysis. Journal in Mathematical and Sciences, 5(2), 432-447.

Kebudayaan, M. P. D., & Indonesia, R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Misdfelt, W.S. (2016). Students’ mathematical process and newman analysis process. Journal for Pedagogical and Procedure, 5(1), 44-59.

Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2014). Impact of Learner's Characteristics and Learning Behaviour on Learning Performance during a Fully Online Course. Electronic Journal of e-learning, 12(4), 394-408.

Sandra, J.S. (2019). Mathematical thinking and skills and students’ error analysis. Journal Pedagogical Teaching, 6(1), 99-108.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam pemecahan masalah matematika. Matematika, 19(2), 123-130.

Ulifa, S.N. (2014). Hasil analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 4(2), 458-468.

Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: An analysis of students' errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 555-584.

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-28

Cara Mengutip

Dewi Nur, I. R. ., Nina Yulian, V. ., & Laelasari, L. (2021). An analysis of Elementary School Students’ Errors in Solving Statistics Problems in Online Learning during a Pandemic Period. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5302

Terbitan

Bagian

Artikel