Representation Of Students' Relational Understanding In Solving Evidence-Related Problems
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5715Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman relasional mahasiswa dalam menyelesaikan soal pembuktian pada mata kuliah logika dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara yang kemudian data dianalisis menggunakan Teknik reduksi data hasil penelitian, penyajian data dalam bentuk deskripsi sesuai dengan aspek pemahaman relasional dan kemudian disimpulkan hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman relasional mahasiswa dalam menyelesaikan soal pembuktian Nampak dilakukan yaitu pada aspek interpretasi, penyusunan pertanyaan dan hipotesis serta pada aspek generalisasi. Meskipun pada indicator menerapkan dan melakukan penalaran masih terdapat kekurangan dan ketidak tepatan.
Unduhan
Referensi
Booth, J. L. (2014). Why Can ’ t Students Get the Concept of Math ? In the International Dyslexia Association (Issue June).
Kusmaryono. (2014). The Importance Of Mathematical Power In Mathematics Learning. International Conference on Mathematics, Science, and Education, 2014(Icmse).
Mardiana, S., & Hidayanto, E. (2016). Pemahaman Instrumental Dan Relasional. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FKIP UNS, November, 67–76.
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue 16 Januari 2020). CV. IRDH Malang.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Patkin, D., & Plaksin, O. (2019). Procedural and relational understanding of pre-service mathematics teachers regarding spatial perception of angles in pyramids. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 50(1), 121–140. https://doi.org/10.1080/0020739X.2018.1480808
Rahmad, B. A., Ipung, Y., Abdur, R. A., Sisworo, & Dwi, R. (2016). Mathematical representation by students in building relational understanding on concepts of area and perimeter of rectangle. Educational Research and Reviews, 11(21), 2002–2008. https://doi.org/10.5897/err2016.2813
Salsabila, E., Ratnaningsih, R., & Hadi, I. (2016). Pembekalan Pemahaman Metode Pembuktian Matematika dan Penerapan Strategi Abduktif-Deduktif Untuk Mengembangkan Kemampuan Membuktikan Konsep Aljabar Abstrak Pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ. Jurnal Matematika Integratif, 11(1), 15. https://doi.org/10.24198/jmi.v11i1.9392
Siregar, I. (2016). Masalah Pembelajaran Pembuktian Matematika Bagi Mahasiswa Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(3), 315–324.
Skemp, R. R. (2020). Relational Understanding and Instrumental Understanding. The Arithmetic Teacher, 26(3), 9–15. https://doi.org/10.5951/at.26.3.0009
Star, J. (2020). Instrumental and Relational Understanding in Mathematics Education. In Encyclopedia of Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15789-0_79
Sulasmi, S., Sampoerno, P. D., & Noornia, A. (2020). Development of learning using Indonesian realistic mathematics education approach to build students’ relational understanding of derivative. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012060
Susanti, R. D., & Taufik, M. (2021). Analysis of Student Computational Thinking in Solving Social Statistics Problems. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 22–31. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4376
Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sma Ii. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031
Wulandari, F., & Rakhmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis : Dampak Strategi Pembelajaran Index Card Match. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3). https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4291
Yazidah, N. I., Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Analysis on Relational-Understanding in Solving Problem for Field Independent Students. Al-Ta Lim Journal, 25(3), 272–280. https://doi.org/10.15548/jt.v25i3.502
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.