Representation Of Students' Relational Understanding In Solving Evidence-Related Problems

Penulis

  • Marhan Taufik Universitas Muhammadiyah Malang
  • Reni Dwi Susanti Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5715

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman relasional mahasiswa dalam menyelesaikan soal pembuktian pada mata kuliah logika dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara yang kemudian data dianalisis menggunakan Teknik reduksi data hasil penelitian, penyajian data dalam bentuk deskripsi sesuai dengan aspek pemahaman relasional dan kemudian disimpulkan hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman relasional mahasiswa dalam menyelesaikan soal pembuktian Nampak dilakukan yaitu pada aspek interpretasi, penyusunan pertanyaan dan hipotesis serta pada aspek generalisasi. Meskipun pada indicator menerapkan dan melakukan penalaran masih terdapat kekurangan dan ketidak tepatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Booth, J. L. (2014). Why Can ’ t Students Get the Concept of Math ? In the International Dyslexia Association (Issue June).

Kusmaryono. (2014). The Importance Of Mathematical Power In Mathematics Learning. International Conference on Mathematics, Science, and Education, 2014(Icmse).

Mardiana, S., & Hidayanto, E. (2016). Pemahaman Instrumental Dan Relasional. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FKIP UNS, November, 67–76.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue 16 Januari 2020). CV. IRDH Malang.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Patkin, D., & Plaksin, O. (2019). Procedural and relational understanding of pre-service mathematics teachers regarding spatial perception of angles in pyramids. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 50(1), 121–140. https://doi.org/10.1080/0020739X.2018.1480808

Rahmad, B. A., Ipung, Y., Abdur, R. A., Sisworo, & Dwi, R. (2016). Mathematical representation by students in building relational understanding on concepts of area and perimeter of rectangle. Educational Research and Reviews, 11(21), 2002–2008. https://doi.org/10.5897/err2016.2813

Salsabila, E., Ratnaningsih, R., & Hadi, I. (2016). Pembekalan Pemahaman Metode Pembuktian Matematika dan Penerapan Strategi Abduktif-Deduktif Untuk Mengembangkan Kemampuan Membuktikan Konsep Aljabar Abstrak Pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ. Jurnal Matematika Integratif, 11(1), 15. https://doi.org/10.24198/jmi.v11i1.9392

Siregar, I. (2016). Masalah Pembelajaran Pembuktian Matematika Bagi Mahasiswa Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(3), 315–324.

Skemp, R. R. (2020). Relational Understanding and Instrumental Understanding. The Arithmetic Teacher, 26(3), 9–15. https://doi.org/10.5951/at.26.3.0009

Star, J. (2020). Instrumental and Relational Understanding in Mathematics Education. In Encyclopedia of Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15789-0_79

Sulasmi, S., Sampoerno, P. D., & Noornia, A. (2020). Development of learning using Indonesian realistic mathematics education approach to build students’ relational understanding of derivative. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012060

Susanti, R. D., & Taufik, M. (2021). Analysis of Student Computational Thinking in Solving Social Statistics Problems. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 22–31. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4376

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sma Ii. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Wulandari, F., & Rakhmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis : Dampak Strategi Pembelajaran Index Card Match. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3). https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4291

Yazidah, N. I., Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Analysis on Relational-Understanding in Solving Problem for Field Independent Students. Al-Ta Lim Journal, 25(3), 272–280. https://doi.org/10.15548/jt.v25i3.502

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-29

Cara Mengutip

Taufik, M. ., & Susanti, R. D. (2022). Representation Of Students’ Relational Understanding In Solving Evidence-Related Problems. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 15–23. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5715