Study Literature Review: Realistic Mathematics Education Learning on Students’ Mathematical Creative Thinking Ability
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5739Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali tentang pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kemudian hasil analisis dari penelitian tersebut masing-masing digabungkan dan didapatkan kesimpulan secara keseluruhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik, dengan pertanyaan penelitian tertentu yang relevan. Dengan penggunaan Metode SLR dapat dilakukan review dan identifikasi jurnal secara sistematis, yang pada setiap prosesnya mengikuti langkah-langkah atau protokol yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal dan prosiding yang teindeks Scopus dalam 10 tahun terakhir dengan kata kunci yang digunakan pada penelusuran ini adalah “Realistic Mathematic Education (RME)”, dan ”Creative Thinking Ability”. Dari penelusuran dengan menggunakan kata kunci tersebut diperoleh 8 artikel yang memenuhi kriteria Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kemudian data yang diperoleh dianalisis. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan persentase dan analisis data kualitatif untuk data-data hasil kajian naratif terhadap penelitian-penelitian yang ditemui. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran RME berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Unduhan
Referensi
Achmad S. R & Suparman. (2020). Design Of E-Module With RME Approach To Improve The Creative Thinking Ability Of Students. International Journal Of Scientific & Technology Research 9(3), 5228-5233.
Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015). Penerapan model eliciting activities untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 38–48.
D Ismunandar, F Gunadi, M Taufan, D Mulyana & Runisah. (2020). Creative thinking skill of students through realistic mathematics education approach. Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1657/1/012054
Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineca Cipta.
Badengo T & Suparman. (2019). Design Module Of Learning With Rme Approach To Improve Creative Thinking Ability. International Journal Of Scientific & Technology Research. Volume 8(10), 1178-1182.
Fauzan A. (2002). Realistic Mathematic Education (RME) In Teaching Geometry In Indonesian Primary School Printpartners Ipskamp Enschede.
Gravemeijer, K (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Ultrech: Freudenthal institute.
Guilford, J. P. (1967). The nature of human intelligence. New York: Mcgraw-Hill Book Company.
Rudyanto, H. E. , Ghufron, A & Hartono. (2019). Use of Integrated Mobile Application With Realistic Mathematics Education: A Study to Develop Elementary Students’ Creative Thinking Ability. iJIM ‒ Vol. 13, No. 10, 2019. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i10.11598
Lince, R. (2016). Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Models Numbered Heads Together. 7(6), 206–212.
MacKinnon, D. W. (1975). IPAR’s Contribution to the conceptualization and study of creativity. Chicago: Aldine.
Mulyana, dkk. (2015). Makalah Pembelajaran dengan Pendekatan Open-ended Setting Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Prosiding Pendidikan Matematika Pasca UM 2016.
Munandar, S. C. U. (1977). Creativity and education. Jakarta: Fakultas Psikologi UI.
Muslim, S. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 88-95.
Nuraida, I. (2017). Merancang Uji Coba Realistic Mathematics Education (RME). SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 68-78.
Ndiung, S., Sariyasa., Jehadus, E., & Apsari, R. A. (2021). The Effect of Treffinger Creative Learning Model with the Use RME Principles on Creative Thinking Skill and Mathematics Learning Outcome. International Journal of Instruction, 14(2), 873-888. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14249a
Rohaeti, I. T., & Dedy, E. (2013). Penerapan model treffinger pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Jurnal Online Pendidikan Matematika Kontemporer, 1(1), 1–7.
Rohani. (2015). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Realistik Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Sigma Vol.1, No.1. Hal 39 – 45.
Rubiyanti D & Suparman. (2020). Mathematics Module Based On RME To Improve Students Creative Thinking. International Journal Of Scientific & Technology Research. 9(1), 188-192.
Sitorus, Jonni., & Masrayati. (2016). Students’ creative thinking process stages: implementation of realistic mathematics education.Thinking Skills and Creativity http://dx.doi.org/10.1016/j.tsc.2016.09.007
U Royhana, A Widiatsih, I W W Atmaja & B J Septory. (2020). Development of teaching materials based on realistic mathematicxeducation and its implementation in improving students'xcreativexthinkingxskills on comparative material. Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1836/1/012049
Ulfah, A. S., Yerizon, Y & Arnawa, I. M. (2020). Preliminary Research of Mathematics Learning Device Development Based on Realistic Mathematics Education (RME). Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1554/1/012027
Van den Heuvel-Panhuizen, Marija (2003).The Didactical Use of Models in Realistic Mathematics Education: An Example From A Longitudinal Trajectory On Percentage. Educational Studies in Mathematics, 54, 9–35. Kluwer Academic Publishers: Netherlands.
Wadaani, M. R. (2015). Teaching for creativity as human development toward self-actualization : The essence of authentic learning and optimal growth for all students. Creative Education, 6(May), 669–679. http://doi.org/http://dx.doi.org/10.4236/ce.2015.67067
Welsch, G. S. (1973). Perspectives in the study of creativity. Journal of Creative Behavior, 7(4), 231–246.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.