Study Literature Review: Realistic Mathematics Education Learning on Students’ Mathematical Creative Thinking Ability

Penulis

  • Ratu Sarah Fauziah Iskandar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dadang Juandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5739

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali tentang pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kemudian hasil analisis dari penelitian tersebut masing-masing digabungkan dan didapatkan kesimpulan secara keseluruhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik, dengan pertanyaan penelitian tertentu yang relevan. Dengan penggunaan Metode SLR dapat dilakukan review dan identifikasi jurnal secara sistematis, yang pada setiap prosesnya mengikuti langkah-langkah atau protokol yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal dan prosiding yang teindeks Scopus dalam 10 tahun terakhir dengan kata kunci yang digunakan pada penelusuran ini adalah “Realistic Mathematic Education (RME)”, dan ”Creative Thinking Ability”. Dari penelusuran dengan menggunakan kata kunci tersebut diperoleh 8 artikel yang memenuhi kriteria Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kemudian data yang diperoleh dianalisis. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan persentase dan analisis data kualitatif untuk data-data hasil kajian naratif terhadap penelitian-penelitian yang ditemui. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran RME berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achmad S. R & Suparman. (2020). Design Of E-Module With RME Approach To Improve The Creative Thinking Ability Of Students. International Journal Of Scientific & Technology Research 9(3), 5228-5233.

Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015). Penerapan model eliciting activities untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 38–48.

D Ismunandar, F Gunadi, M Taufan, D Mulyana & Runisah. (2020). Creative thinking skill of students through realistic mathematics education approach. Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1657/1/012054

Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineca Cipta.

Badengo T & Suparman. (2019). Design Module Of Learning With Rme Approach To Improve Creative Thinking Ability. International Journal Of Scientific & Technology Research. Volume 8(10), 1178-1182.

Fauzan A. (2002). Realistic Mathematic Education (RME) In Teaching Geometry In Indonesian Primary School Printpartners Ipskamp Enschede.

Gravemeijer, K (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Ultrech: Freudenthal institute.

Guilford, J. P. (1967). The nature of human intelligence. New York: Mcgraw-Hill Book Company.

Rudyanto, H. E. , Ghufron, A & Hartono. (2019). Use of Integrated Mobile Application With Realistic Mathematics Education: A Study to Develop Elementary Students’ Creative Thinking Ability. iJIM ‒ Vol. 13, No. 10, 2019. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i10.11598

Lince, R. (2016). Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Models Numbered Heads Together. 7(6), 206–212.

MacKinnon, D. W. (1975). IPAR’s Contribution to the conceptualization and study of creativity. Chicago: Aldine.

Mulyana, dkk. (2015). Makalah Pembelajaran dengan Pendekatan Open-ended Setting Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Prosiding Pendidikan Matematika Pasca UM 2016.

Munandar, S. C. U. (1977). Creativity and education. Jakarta: Fakultas Psikologi UI.

Muslim, S. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 88-95.

Nuraida, I. (2017). Merancang Uji Coba Realistic Mathematics Education (RME). SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 68-78.

Ndiung, S., Sariyasa., Jehadus, E., & Apsari, R. A. (2021). The Effect of Treffinger Creative Learning Model with the Use RME Principles on Creative Thinking Skill and Mathematics Learning Outcome. International Journal of Instruction, 14(2), 873-888. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14249a

Rohaeti, I. T., & Dedy, E. (2013). Penerapan model treffinger pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Jurnal Online Pendidikan Matematika Kontemporer, 1(1), 1–7.

Rohani. (2015). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Realistik Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Sigma Vol.1, No.1. Hal 39 – 45.

Rubiyanti D & Suparman. (2020). Mathematics Module Based On RME To Improve Students Creative Thinking. International Journal Of Scientific & Technology Research. 9(1), 188-192.

Sitorus, Jonni., & Masrayati. (2016). Students’ creative thinking process stages: implementation of realistic mathematics education.Thinking Skills and Creativity http://dx.doi.org/10.1016/j.tsc.2016.09.007

U Royhana, A Widiatsih, I W W Atmaja & B J Septory. (2020). Development of teaching materials based on realistic mathematicxeducation and its implementation in improving students'xcreativexthinkingxskills on comparative material. Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1836/1/012049

Ulfah, A. S., Yerizon, Y & Arnawa, I. M. (2020). Preliminary Research of Mathematics Learning Device Development Based on Realistic Mathematics Education (RME). Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1554/1/012027

Van den Heuvel-Panhuizen, Marija (2003).The Didactical Use of Models in Realistic Mathematics Education: An Example From A Longitudinal Trajectory On Percentage. Educational Studies in Mathematics, 54, 9–35. Kluwer Academic Publishers: Netherlands.

Wadaani, M. R. (2015). Teaching for creativity as human development toward self-actualization : The essence of authentic learning and optimal growth for all students. Creative Education, 6(May), 669–679. http://doi.org/http://dx.doi.org/10.4236/ce.2015.67067

Welsch, G. S. (1973). Perspectives in the study of creativity. Journal of Creative Behavior, 7(4), 231–246.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-29

Cara Mengutip

Iskandar, R. S. F., & Juandi, D. (2022). Study Literature Review: Realistic Mathematics Education Learning on Students’ Mathematical Creative Thinking Ability. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 35 – 42. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5739