Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Konteks Budaya Lokal Karawang Menggunakan Realistic Mathematics Education Pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5761Abstrak
Berpikir kreatif bisa kita katakan sebagai proses mengkontruksi sebuah ide yang menekankan beberapa aspek kemampuan, seperti keluwesan, keaslian. Hal tersebut yang mampu membiasakan siswa tidak hanya tahu terhadap materi, namun wajib memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga pemahaman tersebut menjadi ingatan jangka panjang dalam memorinya. Kemampuan berpikir kreatif ini bisa difasilitasi pada saat proses pembelajarannya dalam pendekatan realistik matematis atau lebih dikenal dengan RME. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk bisa meningkatkan kemampuan kreatif siswa melalaui pendekatan realistik matematik dengan budaya lokal sebagai konteks. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian jenis The Nonequivalent Control Group Design melalui tes berpikir kreatif. Penelitian dilakukan pada dua kelas dengan perlakuan yang berbeda, satu kelas sebagai eksperimen dan kelas yang lainnya sebagai kelas kontrol. Dilakukan pada jenjang SMP kelas VII. Hasil penelitian ini adalah Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran RME lebih baik daripada siswa yang memperoleh metode pembelajaran dengan ekspositori
Unduhan
Referensi
Alexander, K. D. (2007). Effects Instruction in Creative Problem Solving on Cognition, Creativity, and Satisfaction Among Ninth Grade Students in an Introduction to World Agricultural Science and Technology Course. 1–246. https://ttu-ir.tdl.org/handle/2346/18066
Ardiyanti, Y. (2014). Penggunaan Lembar Kerja (Lk) Terbuka Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Pada Mata Kuliah Biologi Umum. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(1), 18–21.
Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511
Cahya Sari Putra, E., & Nur Mahmudah, F. (2021). The Implementation of Ethnomathematics Based-Learning for Students. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 162–169. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.4827
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (Matthew Buchholtz (ed.); Fourth). Pearson Education, Inc.
Dewi Wahyuni, Rubhan Masykur, D. D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 32–40. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1711
Febrian, D. W. (2013). Pembelajaran Tgt Melalui Pendekatan Pmri Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3334
Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85–95. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1711
Haq, M. N. A. S. S.-R. R. (2012). A Comparison of Creative Thinking Abilities of High and Low Achievers Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(1), 1–6.
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
Idrus Hariri, A., & Mulyani, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Ngaseup Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sman 1 Maja. Scientiae Educatia: Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v5i1.961
Kanda S, A. S. (2020). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Dan Bepfikir Kreatif Matematik Serta Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Aplikasi Statistics Quick. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 188–196. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3648
Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 519–526. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308
Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar [Realistic Mathematics Education Approach to Mathematics Learning Outcomes for Elementary School Students]. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28568
Kuswana, W. S. (2013). Taksonomi Berpikir (A. Fauzia (ed.)). Remaja Rosdakarya.
Mahmudi, A. (2008). Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 37–49. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.559
Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Makalah dipersentasikan. In Konferensi Nasional Matematika XV. UNIMA.
Mann, E. L. (2005). Mathematical creativity and school mathematics: Indicators of mathematical creativity in middle school students 1956. Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences, 67, 461.
Matlin, M. W. (2009). Cognition (7th ed.). John Wiley & Sons, Inc.
Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41. https://doi.org/10.33387/dpi.v4i1.142
Mulyati, T. (2016). Pendekatan Konstruktivisme Dan Dampaknnya Bagi Hasil Belajar Matematika Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2). https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2738
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Nurina Hidayah, Nining Choiriyanisa, D. S. (2018). Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Universitas Pekalongan, 165–178.
PARK, H. (2004). The Effects of Divergent Production Activities With Math Inquiry and Think Aloud of Students With Math Difficulty. CWL Publishing Enterprises, Inc., Madison, 2004(May), 352. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/cbdv.200490137/abstract
Rahmawati Suwanto, F., & Wijaya, A. (2021). The Enhancement of Students Mathematical Communication Ability Through RME-Textbook. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 43–52. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4412
Rudyanto, H. E. (2014). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Septiana, F., Mujib, M., & Negara, H. S. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) ditinjau dari Multiple Intelligences. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1932
Siregar, R. N., Mujib, A., Hasratuddin, & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338
Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51–69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101
Utami, M. R., Ardiyanti, Y., & Ratnasari, D. (2020). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir. Satya Widya, 36(2), 81–87. https://doi.org/10.24246/j.sw.2020.v36.i2
Vivi Muliandari, P. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132–140. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718
Yusmaniar, Y. (2017). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Operasi Hitung. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(1), 51. https://doi.org/10.29210/02017109
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.