Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Matematika Dilihat dari Tipe Kepribadian Peserta Didik

Penulis

  • Muhammad Arya Satya UIN Raden Fatah Palembang
  • Agustiany Dumeva Putri UIN Raden Fatah Palembang
  • Harisman Nizar UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5786

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada pembelajaran matematika berdasarkan tipe kepribadian peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 orang peserta didik SMP Tunas Teladan Palembang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling, berdasarkan tipe kepribadian peserta didik. Analisis data pada penelitian adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa: (1) peserta didik dengan tipe kepribadian ekstrovert mampu memenuhi indikator pemecahan masalah pada tahap memahami masalah, menyusun rencana dan menyelesaikan masalah, tetapi belum memenuhi indikator pada tahap memeriksa kembali (2) peserta didik dengan tipe kepribadian introvert mampu memenuhi seluruh indikator pemecahan masalah pada tahap memahami masalah, menyusun rencana, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, R. (2014). Penyelesaian Masalah Matematika Pada Tipe Kepribadian Phlegmatis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(1), 51.

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 122.

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ilmiyana, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator (MBTI). Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan matematika terintegrasi islam kepada anak sejak dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-8.

Maramis, W. F. (2005). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press.

Putra, I. S., & Aryani, L. N. (2015). Hubungan antara Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert dengan Kejadian Stres pada Ko-Asisten Angkatan Tahun 2011 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Medika Udayana.

Rahayu, T. (2019). Analisis Gaya Belajar Dilihat dari Tipe Kepribadian Peserta didik pada Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs Subulussalam Sriwangi. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Sari, S. W. (2012). Pengaruh model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar fisika pada siswa SMP swasta di kecamatan Medan Area. Jurnal Tabularasa, 9(1), 33-44.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunaryo. (2004). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Waluyo, A. (2013). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Planted Question Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sd Negeri Iii Teloyo Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-25

Cara Mengutip

Satya, M. A. ., Putri, A. D. ., & Nizar, H. . (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Matematika Dilihat dari Tipe Kepribadian Peserta Didik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 211–221. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5786