Pengaruh Model Pembelajaran React Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Dan Minat Belajar Ditinjau Dari Level IQ

Penulis

  • Dede Sulaeman Universitas Terbuka, Indonesia
  • Yaya S. Kusumah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Endang Wahyuningrum Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.8704

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian quasi eksperiment. Penelitian ini bertujuan 1) Mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir analisis siswa ditinjau dari Intelligence Quotient (IQ) pada  kelas XI IPA. 2) Mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran REACT terhadap minat belajar siswa ditinjau dari IQ pada  kelas XI IPA. 3) Mengkaji pengaruh interaksi model pembelajaran dan Intelligence Quotient (IQ) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada kelas XI IPA. 4) Mengkaji pengaruh interaksi model pembelajaran dan Intelligence Quotient (IQ) terhadap minat belajar siswa pada kelas XI IPA. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Islam Dian  Didaktika Cinere Depok, sampel diambil dari dua kelas XI IPA dengan Cluster Random Sampling., Sedangkan desain yang digunakan adalah treatment by level design. Hasil menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap kemampuan analisis siswa 2) Tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran REACT terhadap minat belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kontrol. 3) Terdapat Interaksi model pembelajaran REACT dan Intelligence Quotient (IQ) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa. 4) Tidak ada Interaksi model pembelajaran dan Intelligence Quotient (IQ) terhadap minat belajar siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dede Sulaeman, Universitas Terbuka, Indonesia

 

 

 

Yaya S. Kusumah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

 

 

 

 

Endang Wahyuningrum, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

 

 

 

Referensi

Aini,F.N., Suprakarti, S, dan Sari, P. (2017). Penerapan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada pokok bahasan bangun datar di kelas VII-2 SMP Negeri 47 Jakarta. Jurnal riset pembelajaran matematika sekolah Vol.1 no.1

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. A Bridged Edition. New York: David McKay Company, Inc.

Ardana, dkk. 2018. Budaya Dalam Pembelajaran Matematika. Depok: Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi.(2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara.

Arnold, R. D., & Wade, J. P. (2015). A Definition of Systems Thingking : A Systems Approach. Procedia Computer Science,¬¬¬¬

Aulia H Durotulaila, M Masykuri, Bakti Mulyani, Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Dengan Metode Eksperimen dan Penyelesaian Masalah Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Siswa

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish

Darwati, Y. (2015). Keterlambatan Mahasiswa Dalam Studi Ditinjau Dari Teori Atribusi Dari Weiner (Upaya Mencari Solusi atas Keterlambatan Mahasiswa dalam Studi di Prodi Psikologi Islam STAIN Kediri). Universum. Vol. 9. No. 1 hlm. 57-65.

Departemen Pendidikan Nasional. (2000). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah h.3.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fathurrahman, Muhammad. (2015). Model Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Febryana, E., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 15–27. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.6586

Kao, C.-y. (2016). Analogy’s Straddling of Analytical and Creative Thinking and Relationships to Big Five Factors of Personality.Thinking Skills and Creativity. Thinking Skills and Creativity

Khodijah, Nyanyu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada

Laelasari, dkk. 2015.Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Dalam Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Euclid. Vol.1, No.2 pp.82-92

Mashudi. (2013). Desain Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivisme. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press

Mulyani, Sri. (2017). Pengaruh Intelligence Quotient (IQ), perhatian orang tua dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar IPS. Jurnal Penelitian dan IPS (JPPI), vol.11, No.2.

Novri,U.S. Zulfah. Dan Astuti. (2018) . Pengaruh strategi REACT (Relating, Experiancing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol.2, No.2

Nurmala, A.D. dkk. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi, Vol.4 no.1.

P. Solving and F. Literacy, PISA 2012 Assessment and Analytical Framework PISA 2012 Assessment and Analytical Framework.

Pangerti, Budi (2015). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar, Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Kelas XI Ilmu Alam MAN Model Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Volume 3, Nomor 1, Edisi Februari 2015, hlm. 30-49

Parnawi. (2019). Psikologi Belajar. Sleman: Deepublish.

Purnamasari, Erin, et al. (2016). Pengaruh Model React Terhadap Hasil Belajar SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, vol. 5, no. 11.

Robbins, S.P, Timothy A. Judge. 2014. Perilaku Organisasi: Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat

Rosyidah, U., Setyawati , A. ., & Qomariyah, S. . (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488 (Original work published January 29, 2021)

Saktiani, Dwi. (2016). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penerapan PBL Berwawasan Sets. (Online)

Setiawati, T., & Karpin. (2018). Modul 6 (Produk Kreatif dan Kewirausahaan). Diakses dari http://ejournal.upi.edu/index.php/Boga/article/viewFile/8412/5283

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Direktorat Pembelajaran. (2019). Panduan Proses Pembelajaran Daring - SPADA. Ristekdikti

Wardani,S.Y., & Trisnani , R.P (2018). INFORMASI KARIR. UNIFMA PRESS

Yudiprasetya,. I Dewa Putu, Ni ketut suarni, MS dan Ni Wayan Rati (2014). Pengaruh Strategi REACT dan motivasi belajar tehadap hasil belajar kelas V SD. E-journal UNDIKSA volume 2 nomor 1.

Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematis Sekolah Dasar. Thesis. Bandung: UPI.

Zulaiha, Rika (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Mathemagic Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN Rejotangan Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: UIN Satu Tulungagung.

Zusnani, Ida (2013) Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa, Bandung: Platinum.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-29

Cara Mengutip

Sulaeman, D., Kusumah, Y. S., & Wahyuningrum, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran React Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Dan Minat Belajar Ditinjau Dari Level IQ. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 130–142. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.8704