The Effect Of STEM-Based Project-Based Learning In Improving High School Students' Visual Mathematical Ability

Penulis

  • Rika Mulyati Mustika Sari Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Hanifah Sopiany Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.8934

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan masih rendahnya kemampuan visual thinking matematis dalam pembelajaran matematika. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan model Project-Based Learning berbasis STEM (PjBL-STEM). Penelitian ini mengkaji masalah peningkatan kemampuan visual matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan model Project-Based Learning berbasis STEM (PjBL-STEM). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, desain  yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA di Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2021/2022, dengan sampel penelitiannya adalah Siswa SMA kelas X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan visual matematis. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Secara keseluruhan penerapan model pembelajaran PjBL-STEM dapat meningkatkan kemampuan kemampuan visual thinking matematis siswa, (2) Peningkatan kemampuan visual thinking matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rika Mulyati Mustika Sari, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

 

 

 

Hanifah Sopiany, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

 

 

 

Referensi

Aini, S. D., & Hasanah, S. I. (2019). Berpikir Visual dan Memecahkan Masalah: Apakah Berbeda Berdasarkan Gender? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 177. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2192

Ambarwati, R., Dwijanto, D., & Hendikawati, P. (2015). Keefektifan model Project-Based Learning berbasis GQM terhadap kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri

siswa kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 180-186. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7601

Ariawan, R. (2017). Pengaruh pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1193

Darmadi, & Handoyo, B. (2016). Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika Dengan Gaya Belajar Visual dalam Menyelesaikan Masalah Triginometri. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 02(01), 75–84. UPI : Tidak Diterbitkan.

Priatna, N., & Sari, R. M. M. (2022). Analyzing students' mathematical spatial https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/396

Erdogan, N., & Bozeman, D. (2015). Models of project-based learning for the 21st century. In A. Sahin (Ed.), A practice-based model of STEM teaching: STEM students on the stage (S.0.S.) (p. 31-42). Sense Publishers

Husamah, H. (2015). Blended project based learning: Metacognitive awareness of biology education new students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 9 (4), 274-281. https://doi.org/10.11591/edulearn.v9i4.2121

Muflihatussyarifah.(2016). Visual thinking dan habits of striving for accuracy and precision siswamelalui model core disertai aktivitas quick on the draw. Tesis literacy using a project-based blended learning model. Kreano Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 13 (1), 78-87. https://doi.org/10.15294/kreano.v13i1

Priatna, N. ., Avip, B. ., & Mulyati Mustika Sari, R. (2022). Efektifitas Project Based Learning-STEM dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 151–161. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.6588

Ruseffendi, H. E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sari, R. M. M., & Priatna, N. (2020). Blended learning: A strategy of current mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 5th Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1663. https://10.1088/1742-6596/1663/1/012049

Sari, R. M. M., Priatna, N., & Juandi, D. (2022). Implementing project-based blended learning model using cognitive conflict strategy to enhance students’ mathematical spatial literacy. European Journal of Educational Research, 11(4), 2031-2041. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.4.2031

Shadiq, F. (2009). Aplikasi teori belajar [Learning theory application]. Depdiknas, P4TK Matematika Yogyakarta.

Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and quasi-experimental designs for generalized causal inference. Houghton Mifflin.

Trisnawarni, E.C., & Yuniata, T.N.H. (2021). Proses berpikir visual matematis siswa exstrovert dan introvert sekolah menengah atas berdasarkan tahapan bulton. Aksioma Jurnal 10(2). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3489

Wahyudi, Anugraheni & Winato. (2018). Pengembangan model blended learning berbasis proyek untuk menunjang kreatifitas mahasiswa merancang pembelajaran matematika [Developing project-based blended learning models to encourage student creativity in mathematics instruction]. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6(2), 68-81. http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm

Walker, C., Winner, E., Hetlands, L., Simmons, S., & Goldsmith, L. (2011). Visual Thinking: Art Students Have an Advantage in Geometric Reasoning. Scientific Research 2(1), 22-26. https://10.4236/ce.2011.21004

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-29

Cara Mengutip

Sari, R. M. M. ., & Sopiany, H. (2023). The Effect Of STEM-Based Project-Based Learning In Improving High School Students’ Visual Mathematical Ability. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 223–231. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.8934