Efektivitas LKPD Berbasis RME terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Ketuntasan Belajar

Penulis

  • Ika Meika Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Indonesia
  • E. Fidri Firdaushi Solikhah Universitas Mathla'ul Anwar, Indonesia
  • Ika Yunitasari Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Indonesia
  • Asep Sujana Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.9314

Abstrak

Penelitian ini merupakan lanjutan dari artikel Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri melalui Pendekatan RME (Meika et al., 2023). Sebelum bahan ajar yang telah dikembangkan tersebut digunakan, perlu diketahui terlebih dahulu efektivitas bahan ajar tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya uji coba pemakaian bahan ajar tersebut di suatu kelas untuk mengetahui efektivitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas LKPD  berbasis RME terhadap kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari ketuntasan belajar. Metode yang digunakan adalah Design Based Research (DBR) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: Preliminary Research, Prototyping Stage dan Assessment. Artikel ini memuat hasil dari tahap assessment. Pada tahap assessment dilakukan tes akhir dan pengisian angket respon peserta didik untuk mengetahui efektivitas LKPD yang telah dikembangkan. Efektivitas LKPD ditinjau dari ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil tes akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas X IPA 1 yaitu 78 dengan peserta yang tidak tuntas KKM sebanyak tiga peserta didik. KKM Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pusat Menes adalah 71. Persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan adalah 85,72%. Oleh karena itu, produk LKPD sudah efektif untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hasil angket respon peserta didik menunjukkan bahwa rata-rata persentase keseluruhan aspek yang dinilai sebesar 77,87% dengan kategori “Baik”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ika Meika, Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Indonesia

 

 

 

E. Fidri Firdaushi Solikhah, Universitas Mathla'ul Anwar, Indonesia

 

 

Ika Yunitasari, Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Indonesia

 

 

 

Asep Sujana, Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Indonesia

 

 

 

Referensi

Dinar, I. (2019). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis RME Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Self-Confidence Siswa pada Materi Trigonometri. JURNALPEKA, 2(2), 49–55.

Kennedy-Clark, S. (2013). Research by Design: Design-Based Research and the Higher Degree Research Student. Journal of Learning Design, 6(2), 26–32.

Limbong, Y. A. C. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran dan LKPD Berbasis Geogebra pada Materi Trigonometri Kelas X SMA. Universitas Sanata Dharma.

Meika, I., Solikhah, E. F. F., & Yunitasari, I. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.7190

Meika, I., Suryadi, D., & Darhim, D. (2019). Analysis of students’ mathematical modelling ability in solving combination problems using local instruction theory teaching materials. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042082

Puspitasari, T., Syamsuri, & Santosa, C. A. H. F. (2021). Konstruksi Konsep Trigonometri Bagi Siswa Sma Berdasarkan Teori Apos. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(4), 178–195.

Rahman, M. H., Luthfiana, M., & Yanto, Y. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Materi Trigonometri Kelas X Sma Negeri 1 Lubuklinggau. In Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam STKIP-PGRI.

Riyadi, S., & Qamar, K. (2020). Efektivitas E-Modul Analisis Real Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.554

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80.

Schemme, D., & Novak, H. (2017). Gestaltungsorientierte Forschung - Basis für soziale Innovationen erprobte Ansätze im Zusammenwirken von Wissenschaft und Praxis.

Setiani, A., Kartiwi, A. P., & Wulandari, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Berupa Modul Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks Di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.924

Sujana, A., Rosdianwinata, E., Henriyan, H., & Gadri, A. (2018). Makna Low Of Attraction : Mengungkap Rahasia Minat. Seminar Nasional, 01, 406–417.

Tamur, M., Juandi, D., & Adem, A. M. G. (2020). Realistic Mathematics Education in Indonesia and Recommendations for Future Implementation: A Meta-Analysis Study. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 4(1), 17. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i1.1786

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-29

Cara Mengutip

Meika, I., Solikhah, E. F. F., Yunitasari, I., & Sujana, A. (2023). Efektivitas LKPD Berbasis RME terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Ketuntasan Belajar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 211–221. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.9314