Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Interaktif Berbasis Higher Order Thinking Skills Untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Penulis

  • Indhira Asih Vivi Yandari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Aulia Dinayah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Aan Subhan Pamungkas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Sigit Setiawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.9319

Abstrak

Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh pentingya kemampuan berpikir tingkat tinggi bagi siswa sekolah dasar, untuk menunjang kemampuan tersebut maka perlu adanya sumber belajar yang mendukung dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Namun fakta dilapangan menunjukkan bahwa sumber belajar yang ada masih bersifat konvensional dan belum mengarah pada pencapaian berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik digital berbasis HOTS pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al-Hujjaj Kota Cilegon pada siswa kelas V SD. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Impelementation, Evaluation. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kelayakan bahan ajar ini yaitu angket validasi ahli yang terdiri dari ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa, angket kepraktisan dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil pengolahan angket validasi ahli didapatkan hasil yaitu penilaian ahli desain mendapatkan skor persentase rata-rata 88% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli materi mendapatkan skor persentase rata-rata 91% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian ahli bahasa mendapatkan skor persentase rata-rata 90% dengan kriteria sangat layak. Adapun hasil pengolahan angket kepraktisan yang disebar kepada guru dan siswa mendapatkan skor persentase 95,2% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan hasil tes menunjukkan skor pencapaian kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sebesar 93,8% dengan kriteria sangat baik dan di atas kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar pendamping serta efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Indhira Asih Vivi Yandari, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

 

 

 

Aulia Dinayah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

 

 

 

Aan Subhan Pamungkas, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

 

 

 

Sigit Setiawan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

 

 

 

Referensi

Adilla, T. N., F. S. Silitonga, dan E. P Raamdhani. (2016). Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Larutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol.1(1). Hal.1-6.

Arifin, S. (2010). Pengembangan blogsupport Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas. JurnalPendidikan Matematika, 4(1): 70-85.

Alasyari, M. F., Putro, S. C., & Putranto, H. (2020). Perbedaan HOTS ITL Karena Penerapan Model CBL Dipadu Dengan MS Dibandingkan Model PBL Dipadu Dengan MS Pada Siswa Kelas XI TITL. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 5(2), 13-18.

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021, July). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33-48.

Fathurrohmi, U. (2019). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pada Materi Fungi Untuk Memberdayakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Di SMAN 11 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Febryana, E., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 15-27.

Gunawan, D., Sutrisno, S., & Muslim, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 249-261.

Hafiyussholeh, M., & Lubab, A. (2020). Pembinaan dan pelatihan guru madrasah dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik guru Matematika melalui penguasaan soal Hots (Higher Order Thinking Skills) (Doctoral dissertation, LPPM UIN Sunan Ampel Surabaya).

Handayani, P. A. (2019). Pengembangan LKPD Interaktif Untuk Melatih HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Termodinamika (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi(sebuah alternative metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Hasanah, N. N., Supeno, S., & Wahyuni, S. (2017). Kekuatan retensi siswa SMA kelas X dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan momentum dan impuls menggunakan lembar kerja siswa berbasis mind mapping.Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 2(1), 25-32.

Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan lingkungan: analisis kebutuhan media pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131-140.

Jailani, M., & Ismunandar, I. (2022). Implementasi Higher Order Thingking berbasis Neurosain: Implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 238-247.

Julian, R. (2019). Analisis Kebutuhan e-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah. Jurnal Universitas Ahmad Dahlan. Vol.1(1). Hal.238-243.

Kristiyono, A. (2018). Urgensi dan Penerapan Higher Order Thingking Skills di Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31), 36-46.

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD. CV Jejak (Jejak Publisher).

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913.

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1).

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86-96.

Ramadani, B. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOST Pada Materi Relasi dan Fungsi. Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Doctoral dissertation, UMSU).

Ramli, R., & Yohandri, Y. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik fisika berbasis pendekatan science, technology, engineering, and mathematics untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(1), 10-17.

Ritonga, S. (2022, August). Kurikulum PAI dan Pengembangan Higher Order Thinking (HOT) Skill dan Implementasinya dalam Pembelajaran. In Proceeding Annual Conference on Islamic Education (Vol. 2, No. 1).

Rusdi, M. (2018). Penelitian Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: Rajawali Pers.

Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon pada Guru-Guru di Lingkungan Gugus I Bogor Tengah Kota Bogor. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 3(3), 231-241.

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1).

Sulistyani, N., Alfreda, L. E. G., & Silvia, S. (2021). Profil Pemahaman Holistik Mahasiswa Pengajaran Mikro Kelas B tentang Pembelajaran Matematika Berbasis HOTS. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1).

Suri, F., Saragi, D., & Perangin-angin, R. B. B. (2022). Analisis Model Pembelajaran SAVI pada Era Society 5.0 di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 7768-7774.

Wahidah, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa dengan model pembelajaran koperatif tipe kreatif-produktif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 79-90.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-29

Cara Mengutip

Yandari, I. A. V., Dinayah, A., Pamungkas, A. S., & Setiawan, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Interaktif Berbasis Higher Order Thinking Skills Untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 181–194. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.9319