Media Belajar Kerangka Manusia 3D Berbasis Magicbook Augmented Reality (AR) (Studi Kasus SMPN 1 Kota Baru)

Authors

  • Aries Suharso Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhamad Muhaimin Unsiversitas Singperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/syji.v5i1.697

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan dilingkup nasional sudah mulai
dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya menggunakan teknologi Augmented
Reality(AR). Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi
berbasis augmented reality dengan teknik marker based yang dikemas dalam
bentuk magicbook. Tahapan penelitian menggunakan metode gabungan
pengembangan multimedia Borg & Gall, Sugiyono, Mardika dan Munir dengan
model R&D. Aplikasi yang dikembangkan berjalan pada Operating sistem
Windows 7 dan Windows XP. Tools yang digunakan untuk membuat aplikasi
augmented reality yaitu openspace3D dan permodelan kerangka manusia 3D
menggunakan 3Ds max. Berdasarkan hasil analisa dan pengujian diperoleh hasil
bahwa aplikasi ini dapat berjalan sesuai dengan perancangan, dimana fungsi
marker perbesar, perkecil dan animasi berjalan dengan fungsinya, jarak
pendeteksian marker yang baik yaitu berkisar 30-60 cm antara buku dengan
webcam dan cahaya yang baik menggunakan lampu led yaitu 10-20 watt dengan
luas ruangan 5 x 15 meter. Hasil ujicoba menggunakan uji-t berpasangan
terhadap 41 siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi didapat bahwa
aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aries Suharso, Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Ilmu Komputer Unsika

Muhamad Muhaimin, Unsiversitas Singperbangsa Karawang

Fakultas Ilmu Komputer Unsika

References

Albertus B.I, 2012, Pembelajaran Biologi Mengenai Sistem Rangka,

Speed – Edisi Web – Agustus, 2012.

Anggi Andriyadi, Augmented Reality With ARToolkit Reality Leaves A

Lot To Imagine, Lampung, Augmented Reality Team, 2011.

Anom Try Putranto, Visualisasi 3 Dimensi Struktur Rangka Pada

Manusia, Jakarta, Fakuktas Sains dan Teknologi Universitas Islam

Negeri Syarif Hidayatullah, 2011.

Aunur R. Mulyanto, Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 untuk SMK,

Jakarta, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat

Jenderal Management Pendididak Dasar dan Menengah Departemen

Pendidikan Nasional, 2008.

Aunur R. Mulyanto, Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 2 Untuk

SMK, Jakarta, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Direktorat Jenderal Management Pendididak Dasar dan Menengah

Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Asti Nurhayati, I Ketut Eddy Purnama, Ahmad Zaini, Analisis Pengujian

Perangkat Lunak Augmented Reality, Surabaya, Jurusan Teknik Elektro

Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh November,

November-2010.

Borg and Gall, M.Damien and R.Walter, Educational Research, New

York, Longman. 1989.

Darma Putra, Pengolahan Citra Digital, Yogyakarta, C.V Andi Offset,

Deddy Suhardiman, S.T.G. Kaunang, Rizal Sengkey, Arthur M. Rumagit.

Pembuatan Simulasi Pergerakan Objek 3D (Tiga Dimensi) Menggunakan

OpenGL, Jurusan Teknik Elektro-FT-UNSRAT, 2012.

Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran, Bandung, PT Remaja

Rosdakarya, 2011.

Karmilasari & Fina Ayu Arifiyana, Implementation Of Augmented

Reallity Technology For Supporting Interactive Advertising By Using

Google SketchUp And ARMedia, Teknik Informatika Fakultas Teknologi

Industri Universitas Gunadarma, 2012.

Fahreza Fauzi Putra, Juni Nurma Sari & Rahmat Suhatman, 2012,

Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Berbasis Android Augmented

Reality, e-jurnal : Jurnal Teknik Informatika, Vol 1 September 2012.

Asri Indah LN, Aplikasi Digital Learning System Berdasarkan Standart

Kompetensi Lulusan (SKL) Ujian Nasional (studi kasus SMP 4 Negeri

Bandung), Teknik Informatika Unikom Bandung, 2011.

I Wayan Santyasa, Landasan Konseptual Media Pembelajaran (makalah),

Banjar angkan kulungkung : Universitas Pendidikan Ganesha, 2007

Jason I. Thompson, 2005, A Three Dimensional Helmet Mounted

Primary Flight Reference For Paratroopers, Air Force Institute of

Technology, AFIT/GCS/ENG/05-18, 2005.

Jodi Rinaldi, A.M. Rumagit, A.S.M. Lumenta, A.P.R. Wowor,

Perancangan Tutorial Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sam

Ratulangi Berbasis Animasi 3D. Jurusan Teknik Elektro-FT, UNSRAT,

Kurniawan Teguh Martono, Augmented Reality Sebagai Metafora Baru

Dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer, Jurnal Sistem

Komputer, vol 1, No.2, 2011.

Mardika,I Nyoman, Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran

Kosakata Bahas Inggris di SD, 2008.

Online.(http://mardikanyom.tripod.com/Multimedia.pdf - diakses pada

tanggal 18 mei 2013 jam 16.30).

Mas Ali Bahtiar, Sistem Augmented Reality Untuk Animasi Game

Menggunakan Kamera Pada PC”, Jurusan Teknik Telekomunikasi

Politeknik Elektronika Surabaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember,

Savina Melia, Tubuh Manusia Untuk Guru SD. Pusat Pengembangan dan

Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan

Alam (PPPPTKIPA) untuk program bermutu, 2010.

Muchammad Chafied, Rengga Asmara, Taufiqurrahman, Rizky Yuniar

Hakkun, Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality, Teknik

Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Institut Teknologi

Sepuluh Nopember, 2010.

Munir (FPMIPA,UPI Bandung), Halimah Badioze Zaman (FTSM, UKM

Malaysia) : Metodologi Pengembangan Multimedia Dalam Pendidikan”

(Studi kasus terhadap proyek: Multimedia in Educational for Literacy

(MEL) University Kebangsaan Malaysia), Diterbitkan dalam Jurnal

Mimbar Pendidikan XXI(2), Universitas Pendidikan Indonesia, 2002.

Tejo Nurseto, 2011, Membuat Media Pembelajaran yang Menarik, Jurnal

Ekonomi dan Pendidikan, Volume 8 Nomor 1, 2012

Ronald T.Azuma, 1997, A Survey of Augmented Reality, Teleoperators

and Virtual Environments 6, 4 (August 1997), 355-385, 1997.

Sharp, V, Computer Education for Teachers: Integrating Technology Into

Classroom Teaching, New York, Mc Graw Hill, 2005.

Aceng Sobana, 2010, Pengenalan Augmented Reality, TI UNJANI, 2010

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung,

Alfabeta, 2009.

Aries Suharso, 2012, Model Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3D Berbasis Augmented Reality, Majalah Ilmiah Solusi Unsika ISSN 141286676

Published

2016-07-15

How to Cite

Suharso, A., & Muhaimin, M. (2016). Media Belajar Kerangka Manusia 3D Berbasis Magicbook Augmented Reality (AR) (Studi Kasus SMPN 1 Kota Baru). Syntax : Jurnal Informatika, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.35706/syji.v5i1.697

Issue

Section

Artikel