Implementasi Sistem Mobile Learning Pada Jaringan GSM dan CDMA di Indonesia

Authors

  • Aries Suharso Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Singaperbanga Karawang
  • Ade Andri Hendriadi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Singaperbanga Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/syji.v1i01.275

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menciptakan pengembangan terobosan-terobosan dan altematif baru dalam pembelajaran. Pada dekade 90-an dikenal adanya Computer Based Training (CBT) yang merupakan pembelajaran yang terutama memanfaatkan compact disc (CD) dan jaringan komputer lokal sebagai medium informasinya. Beberapa lahun kemudian, seiring dengan perkembangan internet dan Learning Management System (LMS) muncul pembelajaran yang dikenal sebagai e-Learning. E-Learning memanfaatkan internet sebagai sebuah perpustakaan raksasa di mana sumber daya pembelajaran menjadi nyaris tanpa batas. Pada perkembangan berikutnya, kombinasi internet dan teknologi komunikasi bergerak menjadi gelombang kecenderungan baru yang memungkinkan pembelajaran secara mobile atau lebih dikenal sebagai mobile learning (m-Learning).

 

Kata Kunci: m-Learning, e-Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi Putra. (Agustus 2006). Planet Digital (Manuver CDMA di Indonesia).

I Putu Agung Bayupati, Yusep Rosmansyah, Jaka Sembiring. (Mei 2005). Infrastruktur Arsitektur Multimedia pada Sistem Interactive Distance Learning. Proc. ICT for Indonesia. Bandung.

Iraklis Varlamis, Ioannis Apostolakis. The Present and Future of Standards for E-Learning Technologies, Interdisciplinary Journal of Knowledge and Learning Objects, Volume 2, Greece 2006.

M. Daniel. (1996). Distance Learning Technology and Application. Norword. Artec House.

Wawan Wardiana. Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Peneliti Pusat Penelitian Informatika - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. www.informatika.lipi.go.id/perkembangan-teknologi-informasi-di-indonesia, 9 Juli 2002.

Published

2012-09-25

How to Cite

Suharso, A., & Hendriadi, A. A. (2012). Implementasi Sistem Mobile Learning Pada Jaringan GSM dan CDMA di Indonesia. Syntax : Jurnal Informatika, 1(01). https://doi.org/10.35706/syji.v1i01.275

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

> >>