Pelatihan Pengelolaan E-Commerce Di Komunitas Cikepo, Kota Cimahi

Penulis

  • Indri Pebriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cucu Sukmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Silmi Fakhrina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Shely Nur Fitriyani Universitas Pendidikan Indonesia

Abstrak

The presence of UMKM in the Indonesian economy has a large role and potential in the development of the country's economy and economic sectors. These UMKM are still not well known to the wider public, which affects the marketing of the products they produce, even though if you look at the quality of the products they produce, the quality is already very good. The aim of this e-commerce management training is to create e-commerce or e-commerce managers in the CIKEPO community. This implementation method includes the introduction of online shops or online shops, as well as independent training for online shop managers. The results of this research show that knowledge and understanding about e-commerce or e-commerce will increase in the CIKEPO community so that they can manage and update products in the CIKEPO community, so that community participation in managing e-commerce will increase.

Unduhan

Referensi

Ayu, S., & Ahmad, L. (2020). Peran E-Commerce Terhadap Perekonomian Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, Vol. 9 (2) 2020: 114-123. http://ejournal.unp.ac.id/ index.php/jkmb

Bariqi, M.D. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis (JSMB), JSMB Vol. 5 (2) 2018 hlm. 64-69. http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb

Camila, Alika, P. S, (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dalam Pemasaran Produk Sebagai Bentuk Peningkatan Penjualan. Journal of Indonesian Education University.

Firmansyah, M. A., & Anita, R. (2019). Kewirausahaan: Dasar dan Konsep. Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/336146325

Haryati, R. A. (2019). Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus Pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta. Jurnal Widya Cipta, Volume 3 No. 1 Maret 2019. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Hasibuan, A. N., Laksono, R., Ardiyanti, R., & Aprilia, H. (2022). Pelatihan E-Commerce Sebagai Upaya Pembekalan Keterampilan Wirausaha Dan Penguatan UMKM Bagi Masyarakat Jagakarsa, Jakarta. Jurnal Pengabdian Teratai, 3(1), 61-69.

Juardi, D., Solehudin, A., Sulaeman, S., & Al Farizi, S. T. (2022). Pelatihan Pengelolaan Komoditas Kopi Sanggabuana Berbasis E-Commerce pada BUMDes Buana Mekar Karawang. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 16-26.

Jumawan., & Mora, M.T. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Korporasi. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, Vol.3, No. 3 Oktober 2018: 343 - 352. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB

Kustiwan, I. (n.d.). Modul 1: Pengertian Dasar, Unsur-Unsur, dan Karakteristik Perencanaan, serta Lingkup Perencanaan Wilayah dan Kota. PWKL 4201/MODUL 1.

Munawar, F. (2014). Modul Manajemen: Dasar-Dasar Perencanaan.

Nurjati, E. (2021). Peran dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi, Vol. 39 No. 2, December 2021: 105-115. http://dx.doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.105-123

Pelipa, E. D., & Marganingsih, A. (2020). Pelatihan E-Commerce Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Sintang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(2), 94-105.

Pradana, R. A., Yustikasari, S. A. T., Aulia, F. P., Permana, J. D. B., Aprilia, F. Y., Putri, S. A., ... & Budi Witjaksono, G. S. (2022). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UMKM BERBASIS E-COMMERCE DI KELURAHAN MOROKREMBANGAN. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 303-309.

Prasetyo, D. Y., Yunita, F., Bindas, A., Abdullah, A., & Samsudin, S. (2022). Pelatihan dan Pembuatan Website E-Commerce Pada UMKM Mudoku Food Tembilahan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 626-637.

Prastya, A.P.R. (n.d.). Tugas Sistem Informasi Manajemen, E-Commerce : Pasar Digital dan Barang Digital. Universitas Mercu Buana.

Rahadi, D.R., Sepriadi, S., Putri, C.H., & Mifta, M.F. (2023). Pelatihan dan Pengembangan Karyawan. Tasikmalaya: Lentara Ilmu Madani. [Online]

Rehatalanit, V.I.R. (n.d.). Program E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Universitas Suryadarma.

Santoso, R. (2020). Review Of Digital Marketing & Business Sustainability Of E-Commerce During Pandemic Covid-19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan (JIET), Vol. 5 No. 2 (2020): 95-106. 10.20473/jietv5i2.23614

Setiadi, H. (n.d.). Dasar-Dasar Teori Perencanaan. PWKL4308/MODUL 1.

Thamrin, K. M. H., Saputri, N. D. M., & Susetyo, D. (2020). Pelatihan Pengelolaan Website Pemerintah Desa Kotadaro II, Kabupaten Ogan Ilir. Sri Commerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(2), 69-78.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-03

Cara Mengutip

Pebriani, I., Sukmana, C., Fakhrina, S. ., & Nur Fitriyani, S. . (2024). Pelatihan Pengelolaan E-Commerce Di Komunitas Cikepo, Kota Cimahi . JoCE (Journal of Community Education), 4(2). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/joce/article/view/11008

Terbitan

Bagian

Artikel