Peranan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Anak Di PAUD Anggrek Adiarsa Timur
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan orang tua dalam menumbuhkan minat membaca anak di PAUD Anggrek Adiarsa Timur, dan mendeskripsikan bagaimana minat membaca anak di PAUD Anggrek Adiarsa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di PAUD Anggrek Adiarsa Timur. Adapun subjek penelitiannya yaitu sumber informasi yang terdiri dari tiga orang dari orang tua peserta didik dan tiga peserta didik PAUD Anggrek, dan sumber informan yang terdiri dari satu orang kepala sekolah dan satu orang pendidik. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap orientasi, tahap eksplorasi, dan tahap member check. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran penting sebagai pendidik pertama dan utama dalam menumbuhkan minat membaca anak sejak dini. Hal yang dapat dilakukan oleh orang tua di rumah adalah memberikan contoh kepada anak bahwa membaca itu penting, memberikan waktu khusus untuk membaca bersama, dan membelikan buku yang disukai anak dengan bahan bacaan yang sesuai dengan usia anak. Dan minat membaca anak di PAUD Anggrek sangat tinggi, peserta didik PAUD Anggrek memiliki rasa keingintahuan yang tinggi sehingga membuat mereka semangat untuk belajar membaca. Minat yang tinggi membutuhkan dukungan dari beberapa aspek, seperti sumber belajar, lingkungan belajar dan fasilitas belajar. Minat yang di kembangkan akan sangat mempengaruhi perilaku tidak saja selama periode masa anak-anak, tetapi juga sesudahnya. Karena itu sangat penting bagi orang tua untuk menumbuhkan minat membaca anak sejak dini.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.