PERAN PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) BUDI LUHUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4535Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses, faktor pendukung dan penghambat serta hasil peran Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Budi Luhur dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat di kecamatan tempuran kabupaten karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Desain kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Selanjutnya, subyek penelitian ini terdiri dari 2 orang warga belajar dan 1 orang Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Budi Luhur dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat dikecamatan tempuran kabupaten karawang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Peran Pengelolaan Taman Bacaan Mayarakat (TBM) Budi Luhur dikecamatan Tempuran Kabupaten Karawang dilakukan dengan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Seadangkan faktor pendukung terbagi menjadi 2 yaitu faktor internal, yakni minat dan kesadaran warga masyarakat kecamatan tempuran kabupaten karawang. Dan faktor eksternal yakni sarana dan prasarana yang ada di TBM Budi Luhur yang memadai.
Unduhan
Referensi
Dewi Resmita Corinna. 2010. Peran Serta Taman Bacaan Masyarakat
Sebagai Modal Dasar Terwujudnya Surabaya Sebagai Kota Baca Dalam Memasuki Era Globalisasi. Surabaya. (dalam digitallibrary.surabaya.go.id) diakses tanggal 10 Maret 2016
Moleong. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya
Muhsin Kalida. 2012. Strategi Networking TBM. Yogyakarta: Cakruk Publishing.2014. TBM di PKBM: Model dan Strategi Pengembangannya. Yogyakarta: Cakruk Publishing.
Rahmawati, Ratih dan Blasius Sudarsono. 2012. Perpustakaan Untuk Rakyat. Jakarta: Sagung Seto
Sutarto, Joko. (2007). Pendidikan Nonformal: Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, dan Pemberdayaan Masyarakat. Semarang: UNNES Press.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.