Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Melalui Gaya Mengajar Penemuan Terpimpin Pada Siswa Kelas Middle Sekolah Renang Clavo Kabupaten Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.35706/joker.v4i2.12582Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan penulis dilapangan, mengenai pembelajaran renang gaya bebas. Permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran renang gaya bebas pada siswa kelas middle dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa kelas middle dengan menggunakan gaya mengajar penemuan terpimpin. Diharapkan siswa dapat menguasai konsep gerak pembelajaran renang gaya bebas dengan baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah renang clavo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan (Action Research), dengan teknik pengambilan data yaitu data kuantitatif dan kualitatif yaitu siswa kelas middle yang berjumlah 37 orang, yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian menggunakan dua siklus. Hasil penelitian ini adanya peningkatan hasil belajar renang gaya bebas melalui gaya mengajar penemuan terpimpin, peningkatan terjadi disetiap pembelajaran yang dimulai dengan observasi awal, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, siswa telah memahami konsep gerak renang gaya bebas. Pada aspek kognitif, pemahaman siswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran, terlihat dari semangat dan antusias siswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri siswa dalam berinteraksi dengan siswa dan guru, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama tanggung jawab dan toleransi antar siswa yang mereka tunjukkan
Unduhan
Referensi
Ahmad, Fadli. Analisis Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2020.
Andika, Rina. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2021.
Arifin, Muhammad. Pengajaran Renang di Sekolah Dasar: Pendekatan dan Metode yang Efektif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2020.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2021). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Los Angeles: Sage Publications.
Hidayat, Budi. Peningkatan Keterampilan Siswa melalui Pembelajaran Aktif di Kelas V Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2022.
Joyce, B., & Weil, M. (2020). Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Los Angeles: Sage Publications.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman, Adang. Pembelajaran Renang di Sekolah. Jakarta: DEPDIKBUD dan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2001.
Utami, Siti. Model Pembelajaran Renang untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Siswa di Sekolah Menengah Atas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2022.
Wahyudi, Siti. Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Malang: Universitas Negeri Malang, 2021.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Asrori Yudha Prawira , Faridatul ‘ala , Muhammad Taufiqul Rahman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.