DAMPAK LATIHAN PASSING DIPANTULKAN KE DINDING TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI DI PERUMAHAN BUANA ASRI
DOI:
https://doi.org/10.35706/joker.v1i2.5763Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai Dampak Latihan Passing Dipantulkan Ke Dinding Terhadap Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli Di Perumahan Buana Asri. Penelitian ini adalah pra eksperimental, Pendekatan One-group pra-post test design. Populasi adalah keseluruhan objek yang akan diteliti. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai populasi adalah Warga Perumahan Buana Asri Kel. Nanggewer Mekar, Kec. Cibinong, Kab. Bogor, yang berjumlah 13 Orang. Sampel adalah sebagian atau wakil dari populasi. Peneliti ingin mengetahui Pengaruh Latihan Passing Dipantulkan Ke Dinding Terhadap Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli di Perumahan Buana Asri. Dengan keterbatasan tenaga, waktu, maka peneliti mengumpulkan data dan sampel dengan menggunakan teknik Total Sampling atau sampling jenuh. Instrumen atau alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pengukuran, yaitu tes kemmpuan pasing atas, dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan passing. Cara mengambil data Warga, untuk melakukan passing ke tembok, jumlah sekor selama 1 menit. Kemudian hasilnya dicatat sesuai kemampuan passing bola selama 1 menit Berdasarkan analisis data diperoleh harga statistic t = 11.109 dengan df =12 serta angka sig. dan p-value = 0,00 < 0,05 atau H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli Di Perumahan Buana Asri sebelum dan setelah diberi perlakuan Latihan Passing Dipantulkan Ke Dinding
Unduhan
Referensi
Asnaldi, A. (2020). Meningkatkan keterampilan passing atas bola voli melalui media pembelajaran menggunakan alat bantu. JPOE, 2(1), 23-35.
Beutelstahl, D. (2015). Belajar Bermain Bola Voli. Bandung: Pionir Jaya.
El-Kabumaini, N., & Sanjari, A. D. (2011). Ensiklopedi Mini Bola voli. Bandung: Aulia
Guntur, G. (2020). Pengaruh Metode Drill Terhadap Keterampilan Servis Panjang Permainan Bulutangkis Pada Peserta Ekstrakurikuler di Sman 1 Rengasdengklok. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 19(2), 157-162.
Hartanti, M. D., & Hidayat, T. (2016). Hubungan antara tingkat konsentrasi siswa terhadap ketepatan service atas dalam permainan bolavoli (studi pada peserta ekstrakurikuler bolavolit smk negeri 1 surabaya ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 04(2), 288– 294.
Ilham, I., Alek Oktadinata, A., & Idham Kholidman, I. (2019). Analisis Keterampilan Passing Bawah Dan Passing Atas Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Cerdas Sifa Pendidikan, 8(1), 56-67
Izzuddin, D. A., & Gemael, Q. A. (2020). Model Latihan Dayung Berbasis Modifikasi Alat Untuk Atlet Pemula. Sporta Saintika, 5(1), 21-30.
Khotimah, N. (2020). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Bola Voli Siswa SMPN 4 Tapung Hilir. Journal of Education and Teaching, 1(1), 16-20.
MAHARDIKA, I. M. G. A., MARHAENI, D. A. I. N., & WIDIARTINI, D. N. K. (2015). Pengaruh Variasi Pelatihan Passing terhadap Kemampuan Melakukan Passing Atas pada Permainan Bola Voli pada Siswa Smalb Slb B Negeri Sidakarya Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).
Setyo, E. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA MELALUI MODIFIKASI ALAT. Khazanah Pendidikan, 12(1).
Sinurat, S. Y., & Bangun, S. Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli, Siswa SMK Melalui Variasi Pembelajaran. Publikasi Pendidikan, 9(2), 125-133.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriyanto, S., & Martiani, M. (2019). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan terhadap Keterampilan Smash dalam Permainan Bola Voli. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 3(1), 74–80. https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i1.829
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Deden Akbar Izzuddin, Intan Tania Widyanti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.