PENGARUH KECEPATAN, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH
DOI:
https://doi.org/10.35706/joker.v2i2.6804Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah Pengaruh Kecepatan, Daya Ledak Otot Tungkai, dan Panjang Tungkai terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Ekstrakurikuler di SMA Bhakti Bangsa Air Salek. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kecepatan, Daya Ledak Otot Tungkai, dan Panjang Tungkai terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Ekstrakurikuler di SMA Bhakti Bangsa Air Salek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelititan ini adalah seluruh siswa esktrakurikuler di SMA Bhakti Bangsa Air Salek yang berjumlah 20 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara total sampling atau penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sprint 100 yard, tes vertical jump, pengukuran panjang tungkai, dan tes hasil lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai t-hitung = 2,638 > t-tabel = 1,734064, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kecepatan dengan pengaruh kecepatan terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa ekstrakurikuler di SMA Bhakti Bangsa Air Salek. Selain itu, nilai t-hitung = 2,253 > t-tabel = 1,734064, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan daya ledak otot tungkai dengan pengaruh daya ledak otot tungkai terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa ekstrakurikuler di SMA Bhakti Bangsa Air Salek. Selanjutnya, nilai t-hitung = 2,504 > t-tabel = 1,734064, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan panjang tungkai dengan pengaruh panjang tungkai terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa ekstrakurikuler di SMA Bhakti Bangsa Air Salek. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F-hitung = 5,323 > nilai F-tabel = 3,24. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecepatan, daya ledak otot tungkai, dan panjang tungkai terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa ekstrakurikuler di SMA Bhakti Bangsa Air Salek.
Downloads
References
Abdul Gani dkk. (2020) Sepak Takraw Double Event Model-model Latihan dan Teori. Sepak Takraw Double Event. Jakarta: Rajawali Press.
Artyhadewa, M. S. (2017). Pengembangan model permainan sepak takraw sebagai pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(1). https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.12804
Darmiyanti, K. R., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826
Fauzy, F. A. A., Shah, Z. A., Rd Saedudin, R., Kasim, S., Azadin, A. A., Ahmar, A. S., & Hidayat, R. (2018). Registration system and UTM games decision using the website application. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.2.12320
Gemael, Q. A., Izzuddin, D. A., & Afrinaldi, R. (2019). Effectiveness Instrument Test On Play-Based Method Of Football ‘S Warm-Up Model. Jipes-Journal Of Indonesian Physical Education And Sport, 5(02), 56-66.
Hanif, A. S. (2015). Kepelatihan Dasar Sepaktakraw. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Heriansyah, & Suhartiwi, A. (2021). Permainan Sepak Takraw Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan Pertandingan dan Perwasitan. CV. Jakad Media Publishing.
Ilham, A. (2021). Pengaruh Latihan Single Leg Bound dan Split Jump Terhadap Kemampuan Servis Punggung Sepak Takraw. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(1). https://doi.org/10.53869/jpas.v2i1.43
Izzuddin, D. A., & Gemael, Q. A. (2020). Model Latihan Dayung Berbasis Modifikasi Alat Untuk Atlet Pemula. Sporta Saintika, 5(1), 21-30.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama
Masa, S., & Haryanto, A. I. (2022). Perbedaan pengaruh metode dril terhadap teknik dasar sepak takraw. 4(1), 10–16.
Maulana, S., Izzuddin, D. A., & Dewi, R. R. K. (2021). Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Power Tungkai Atlet Pencak Silat Ilmu Keolahragaan Unsika. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (Joker), 1(2), 98-104.
Putra, F. W., Suwo, R., & Nasarudin, N. (2020). Hubungan Persepsi Kinestetik Dengan Keterampilan Sepak Sila Pada Permainan Sepak Takraw. KINESTETIK. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10398 44
Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Cet.12 . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprayitno. (2018). Hasil Belajar Sepak Sila Permainan Sepak Takraw (Studi Ekperimen tentang Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemampuan Motorik pada Mahasiswa PJKR FIK Unimed). Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(1).
Syam, A. (2019). Analisis Kemampuan Inteligensi Atlet Cabang Olahraga Sepak Takraw Provinsi Gorontalo. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(2). https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i1.2385
Wiyaka, I., Hasibuan, M. N., & Purba, P. H. (2018). Perbedaan Pengaruh Koordinasi Mata-Kaki Dan Metode Pembelajaran Terhadap Kemampuan Servis Atas Sepak Takraw Pada Mahasiswa PKO FIK UNIMED. JURNAL PRESTASI, 2(3). https://doi.org/10.24114/jp.v2i3.10127
Zawi, M. K., & Yusoff, M. S. (2008). Kinematic analysis of the kuda and sila service techniques in sepak takraw. Malaysian Journal of Sport Science and Recreation, 4(1).
Zulkifli, Z., Yani, A., Kamarudin, Sasmarianto, Alficandra, & Henjilito, R. (2020). Pengaruh Dua Gaya Mengajar Mosston dan Dukungan Motor Ability Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Takraw. Journal Sport Area, 5(1). https://doi.org/10.25299/sportarea.2020.vol5(1).4693
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Triono, Bukman Lian, Putri Cicilia Kristina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.