Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Operan Dada (Chess Past) Permainan Bola Basket Dengan Menggunakan Media Pada Siswa Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 158 Jakarta Timur

Penulis

  • Dea Casteliana Universitas Negeri Jakarta
  • Mustafa Madyhur Universitas Negeri Jakarta
  • Iwan Setiawan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/joker.v3i1.7089

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Operan dada (chestpast) dalam permainan Bola basket dengan gaya mengajar penemuan terbimbing pada siswa kelas VII SMP Negeri 158 Jakarta. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga kali pertemuan, tahap observasi, pelaksanaan Test awal dan Siklus I 2 x 45 menit sesuai jam pelajaran pendidikan jasmani. Penilaian dilakukan ketika siswa mempraktekkan gerkan passing dalam permainan Bola basket dari sikap awal sampai dengan sikap akhir. Sebelum melakukan pengambilan nilai, siswa diberi waktu untuk latihan menggunakan alat bantu yang mereka usulkan sebagai pemecahan masalah atas kendala yang mereka hadapi pada pembelajaran sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar penemuan terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar Operan dada dalam permainan Bola basket.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus Salim, (2008)Buku Pintar Bola Basket, Bandung: Nuansa.

Ahmad Susanto, (2013)Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia Group.

Alemdaro, U. (2012). The Relationship Between Muscle Strength , Anaerobic Performance , Agility , Sprint Ability and Vertical Jump Performance in Professional Basketball Players. Journal of Human Kinetics, 31, 149–158. https://doi.org/10.2478/v10078-012-0016-6

Anas Sudjiono, (2003)Pengantar Statistik Pendidikan,Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Andayani, Asep Herry Hernawan, Novi Resmini, (2011)Pembelajaran Terpadu di SD Jakarta Universitas Terbuka.

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA: Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534

E. Mulyasa, (2012)Praktik Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Eveline Siregar dan Hartini Nara, (2010) Teori Belajar Mengajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.

Gani, J. A., Yuda, A. K., & Izzuddin, D. A. (2022). Pengaruh Modifikasi Bola Plastik Terhadap Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Smk Rismatek. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (Joker), 2(1), 69-74.

Izzuddin, D. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Bola Karet Terhadap Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli Pada Siswa SMP Negeri 2 Karawang Barat. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 6(1), 37-43.

Kong, Z., Qi, F., & Shi, Q. (2015). The influence of basketball dribbling on repeated high-intensity intermittent runs. Journal of Exercise Science & Fitness,13(2), 117–122. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2015

Martha Dinata, (2008) Bola Basket Konsep & Teknik Bermain Bola Basket, Jakarta: Cerdas Jaya,

Mikanda Rahmani, (2014) Buku Super Lengkap Olahraga, Jakarta: Dunia Cerdas.

Nana Sudjana, (2010)Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Nuril Ahmadi (2007)Permainan Bola Basket, Surakarta: Era Intermedia.

Purwanto, (2016) Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rustanto, H. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Shooting Bola Basket Dengan Menggunakan Media Gambar. Pendidikan Olahraga

Samsudin, (2014) Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, (Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Casteliana, D., Madyhur, M., & Setiawan, I. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Operan Dada (Chess Past) Permainan Bola Basket Dengan Menggunakan Media Pada Siswa Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 158 Jakarta Timur. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 3(1), 30–40. https://doi.org/10.35706/joker.v3i1.7089