Minat Siswa Untuk Mengikuti Ektrakurikuler Hoki Di SMA (Sekolah Menengah Atas) Negeri 1 Pejagoan

Penulis

  • Bintan Salis Mubarok Universitas Negeri Jakarta
  • Eva Julianti P Universitas Negeri Jakarta
  • Eka Fitri Novita Sari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/joker.v3i2.9239

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor ekstrinsik yang memengaruhi minat peserta ekstrakurikuler hoki di SMAN 1 Pejagoan. Topik penelitian ini dipilih karena pentingnya memahami faktor-faktor yang dapat memotivasi siswa untuk tertarik dan berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler hoki. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada peserta ekstrakurikuler hoki di SMAN 1 Pejagoan. Sampel pada penelitian ini melibatkan 69 sampel. Instrumen minat digunakan dan disebarkan melalui google form sebanyak 24 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor ekstrinsik yang signifikan mempengaruhi minat peserta dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler hoki. Faktor-faktor tersebut meliputi dukungan dan motivasi dari guru dan pelatih, fasilitas yang memadai, dukungan orang tua, dan pengaruh lingkungan. Temuan penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya faktor-faktor ekstrinsik dalam mempengaruhi minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler. Dalam konteks ini, sekolah dapat meningkatkan dukungan dan fasilitas yang diberikan kepada peserta ekstrakurikuler hoki, serta melibatkan guru, pelatih, orang tua, dan lingkungan dalam membentuk minat yang positif dan berkelanjutan dalam kegiatan ini. Implikasi temuan ini dapat digunakan oleh sekolah dan pihak terkait dalam merancang strategi yang efektif untuk meningkatkan minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler, khususnya hoki di SMAN 1 Pejagoan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, Widiyanto dan Muhammad Yobbie. 2014. “Kemampuan Daya Tahan Anaerobik Hoki.” Kemampuan Daya Tahan Anaerobik Dan Daya Tahan Aerobik Pemain Hoki Putra Universitas Negeri Yogyakarta 12, no. 1: 2.

Aqib. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yarma Widya.

Basuki, Sunarno. 2016. “Strategi Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional PS2DM UNLAM 2, no. 1: 65–70.

Camiré, Martin, Pierre Trudel, dan Tanya Forneris. 2012. “Coaching and transferring life skills: Philosophies and strategies used by model high school coaches.” Sport Psychologist 26, no. 2: 243–60. https://doi.org/10.1123/tsp.26.2.243.

Carsiwan, Helmy Firmansyah, dan Lukmanul Hakim Lubay. 2014. Pembelajaran Permainan Hoki. CV. Bintang Warli Artika.

Corrado, Domenico, Antonio Pelliccia, Hans Halvor Bjørnstad, Luc Vanhees, Alessandro Biffi, Mats Borjesson, Nicole Panhuyzen-Goedkoop, dkk. 2005. “Cardiovascular pre-participation screening of young competitive athletes for prevention of sudden death: Proposal for a common European protocol - Consensus Statement of the Study Group of Sport Cardiology of the Working Group of Cardiac Rehabilitation an.” European Heart Journal 26, no. 5: 516–24. https://doi.org/10.1093/eurheartj/ehi108.

Depdiknas. 2006. “PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP SD/ MI/ SDLB-SMP/ MTs/ SMPLB-SMA/ MA/ SMALB/ SMK/ MAK.” Jakarta Pusat Telp 3804248, no. 4: 34834862.

Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsa, Singgih D. 1978. Pengantar Psikologi. Jakarta: Mutiara.

Irawan, Yuda, Herianto, dan Susi Oustria Simamora. 2019. “Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Kegiatan Ekstrakurikuler Berdasarkan Bakat dan Minat Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting).” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia 1, no. 3: 198–205. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i3.37.

Lutan, Rusli. 2001. asas asas pendidikan jasmani.

Musthofa, Muhammad, Agus Wiyanto, dan Danang Aji Setyawan. 2019. “MINAT SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA FUTSAL.” Jurnal Ilmiah Penjas 5, no. 1.

Poerwadaminta. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rohmat. 2017. “Minat Siswa Kelas VII Untuk Mengikuti Ekstrakurikuler Hoki Di SMP N 1 Mlati Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2016/2017.” Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sabri. 2019. “SURVEI MINAT SISWA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMK PENERBANGAN TECHNO TERAPAN MAKASSAR.” Jurnal Keolahragaan.

Subroto, Suryo. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarti, Dwi Okti. 2019. “Kajian Teori Behavioristik Stimulus dan Respon Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 2: 55–72. https://journal.almarhalah.ac.id/index.php/almarhalah/article/view/30.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudirman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sujanto, A. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Mutiara.

Suryabrata, Sumardi. 2005. Psikologi Kpribadian. Jakarta: PT.Raja Grafindo.

Walgito, B. 2001. Psikologi Umum. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yulianto, Mukhamad Rizki, dan Nining Widyah Kusnanik. 2021. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pencapaian Prestasi Tim Hockey Indoor Putra Kabupaten Gresik di Porprov 2019.” Jurnal Prestasi Olahraga 4, no. 4: 158–65.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Mubarok, B. S., Julianti P, E., & Sari, E. F. N. (2023). Minat Siswa Untuk Mengikuti Ektrakurikuler Hoki Di SMA (Sekolah Menengah Atas) Negeri 1 Pejagoan. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 3(2), 103–116. https://doi.org/10.35706/joker.v3i2.9239

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama