PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL, EMOSIONAL-SOSIAL DAN INTELEKTUAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM TELUKJAMBE KECAMATAN TELUKJAMBE BARAT KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual, emosional-sosial dan intelektual siswa di SMP Islam Telukjambe; dan untuk mengetahui realitas Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual, emosional-sosial dan intelektual siswa di SMP Islam Telukjambe. Metode penelitian ini menggunakan metode aliance (campuran metode). Model Desain yang dikembangkan adalah desain metode alian paralel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi wawancara, observasi, studi dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan untuk mengumpulkan data, kemudian menghasilkan uraian sebagai berikut: pertama, peran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual, sosial-sosial dan intelektual siswa di SMP Islam Telukjambe terdiri dari kepala sekolah melalui pendekatan struktural pengembangan sekolah; pendekatan kurikulum melalui program pendidikan; guru melalui pendekatan formal; organisasi melalui pendekatan sekolah dari Organisasi Siswa Intra Go to School (OSIS); dan pendekatan lulus siswa dari studi aktif; keduanya, realitas Pendidikan Agama Islam mengembangkan kecerdasan spiritual, emosional-sosial dan intelektual siswa di SMP Islam Telukjambe hanya bertemu dalam aspek intelektual siswa yang adil, tetapi belum bertemu dalam aspek spiritual dan dia. Hal ini karena upaya mengembangkan kecerdasan pihak ketiga dari siswa yang secara seimbang dipengaruhi oleh struktur yang memiliki skala luas hingga
Kata Kunci: Peran, Pendidikan Agama Islam, dan Kecerdasan Spiritual, Sosial-
Emosional dan Intelektual
Downloads
References
Agus Nggermanto, 2015. Kecerdasan Quantum: Melejitkan IQ, EQ dan SQ. Bandung: Nuansa Cendikia.
Akhmad Muhaimin Azzet, 2010. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual bagi Anak. Yogyakarta : Kata Hati.
Akhmad Muhaimin Azzet, 2010. Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak, Yogyakarta: Kata Hati.
Alivermana Wiguna, 2014. Isu Isu kontemporer Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Al. Tridhonanto dan Beranda Agency, 2010. Meraih Sukses dengan Kecerdasan Emosional: Panduan bagi Orang Tua untuk Mendorong Perkembangan Kecerdasan emosional (EQ) Remaja. Jakarta: Kompas Gramedia.
Asep Kurniawan, 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Irma Agustinalia, 2018. Mengenal Kecerdasan Manusia. Sukoharjo: CV Graha Printama Selaras
Jonathan Sarwono, 2011. Mixed Method: Cara Menggabungkan Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Novan Ardy Wiyani, 2016. Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran PAI SMA berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ritzer George dan Douglas J. Goodman, 2004. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.
Amirudin, Zaenal Mukarom, Pendidikan Karakter dalam Kaulinan Budak Baheula, (Study Nilai Pendidikan Karakter melalui Permainan Anak Tradisional Sorodot Gaplok dari Jawa Barat, Jurnal Pendidikan Dasar Islam AL-BIDAYAH, Vol. 10, No 2 (2018), hal 229-254
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/160/168
Amirudin, Pendidikan Seksual pada Anak dalam Hukum Islam, Jurnal Pendidikan, Wahana Karya Ilmiah, Vol 1 No. 01 Januari Tahun 2017, No. ISSN : 25488171, halaman 14-25
https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/782/670
Amirudin, Peranan Manajemen Perguruan Tinggi dan Implementasinya di Fakultas Agama Islam (FAI), Jurnal Pendidikan Islam “Rabbani” Vol 1 : Feb-Juli 2017, No. ISSN : 2549-337X, halaman 8-17, https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/769/655