PERILAKU ORGANISASI DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (STUDI PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) PADA KANTOR KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN KARAWANG)
DOI:
https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.305Abstract
Abstrak
Perilaku organisasi adalah fungsi interaksi anatara individu dengan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku organisasi dalam pelayanan administrasi kependudukan kantor kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang. Pelayanan administrasi kependudukan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk mencapai tertib administrasi, untuk memperoleh data kependudukan yang akurat sebagai dasar mengambil keputusan, hasil dari pendaftaran penduduk adalah diterbitkannya bukti identitas diri sebagai penduduk yang sah dan bukti identitas diri yang sah merupakan dasar untuk mengurus kepentingan bagi penduduk yang bersangkutan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan analisis data kualitatif. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa perilaku organisasi di kantor Kecamatan Lemahabang masih perlu diperbaiki agar tercipta pelayanan yang tertib administrasi dengan yang efektif dan efisien.