MARKETING POLITIK PARTAI GERINDRA PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.328Abstract
AbstrakPerubahan struktur politik di Indonesia setelah jatuhnya rezim Soeharto dianggap sebagai angin
segar bagi tumbuhnya demokrasi di negeri ini. Lahirnya partai-partai baru dan perubahan sistem
pemilu membawa dinamika baru perpolitikan nasional.Di era multipartai seperti sekarang ini,
marketing politik menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan, tak terkecuali partai Gerindra yang
bisa dianggap partai medioker untuk bisa memenangkan kontestasi politik pada pemilu legislatif
2014.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif analitis yang
bertujuan untuk menggambarkan gejala atau kenyataan yang ada. Temuan dalam penelitian ini
mengkonfirmasi bahwa partai Gerindra menggunakan strategi marketing politik yang terdiri dari 4
aspek, yaitu; manajemen kampanye, analisis atau riset pasar, pengembangan strategi politik dan
strategi kampanye politik. Sehingga pada hasil rekapitulasi suara pemilu legislatif 2014, peringkat
partai Gerindra naik secara signifikandi Kabupaten Karawang
Kata kunci: Marketing politik, partai Gerindra, pemilu legislatif 2014
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2016-07-27
How to Cite
Rifai, M. (2016). MARKETING POLITIK PARTAI GERINDRA PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN KARAWANG. Jurnal Politikom Indonesiana, 1(1), 109. https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.328
Issue
Section
Jurnal Politikom Indonesiana