Analisis Learning Obstacle dalam Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat
Abstract
Kemampuan siswa yang rendah dilihat masih terdapat siswa mengalami kendala dalam memahami matematika pada saat pembelajaran di kelas menyebabkan terjadinya learning hambatan . Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi hambatan belajar yang dihadapi siswa saat mengerjakan matematika ditinjau dari pemahaman konsepnya. Jenis hambatan belajar yang diteliti antara lain hambatan epistemologi, hambatan ontogenik , dan hambatan didaktis . Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 42 siswa dari kelas VIII F pada salah satu sekolah menengah pertama di kabupaten karawang. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes tertulis sebanyak 3 butir soal deskripsi bilangan berpangkat dan wawancara terhadap siswa dan guru. Hasil menunjukkan bahwa dari 42 siswa terdapat 9 siswa dengan pemahaman konsep kategori rendah dan 33 siswa dengan pemahaman konsep kategori sedang. Berdasarkan hasil wawancara siswa dengan kategori rendah diperoleh bahwa hambatan belajar yang dialami banyaknya pada hambatan epistemologi yaitu kurang akurat dalam membaca dan menyelesaikan bilangan berpangkat, sedangkan hambatan ontogenik yang terjadi yaitu siswa tidak memiliki kesiapan diri dalam mengerjakan soal bilangan berpangkat dan hambatan didaktis tidak dialami oleh siswa dalam proses pembelajarannya.