Kecemasan Belajar Matematika Pada Siswa SMP Kelas VII
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, namun sebagian besar siswa kurang menyukai matematika karena dianggap terlalu rumit dan banyak mengandung misteri, hal ini menimbulkan rasa takut, gugup serta gelisah saat belajar matematika. Ketakutan, gugup serta gelisah saat belajar matematika merupakan pengaruh dari kecemasan matematis. Kecemasan matematis dianggap sebagai penghambat belajar yang dapat mempengaruhi kinerja kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan matematis siswa kelas VII SMP. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 18 siswa kelas VIIB SMPIT ARMANIYAH Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data diperoleh dengan menggunakan metode non tes yaitu instrumen berupa angket yang di dalamnya memuat 32 pernyataan, dimana setiap pernyataan memuat 4 aspek dari indikator kecemasan matematis yang diadopsi dari penelitian terdahulu. Data skor kecemasan matematis diolah dan dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu : rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kecemasan matematis yang dialami siswa tergolong sedang. (2) sebagian besar siswa menganggap materi matematika sulit untuk dipahami karena materi yang banyak dan rumit. Siswa yang mengalami kesulitan akan merasa tidak nyaman saat belajar matematika dan merasa kurang percaya diri saat pembelajaran matematika.