Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis siswa SMP kelas VIII dalam Memecahkan soal pada materi SPLDV
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkenaan mengenai materi SPLDV di tingkat SMP. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G di SMP Negeri 2 Karawang Timur Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 23 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik Purpose Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian berjumlah tiga butir soal yang mencakup indikator kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah, hal ini menunjukkan siswa belum mencapai indikator kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian, didapati bahwa 9 siswa berada dalam kategori tinggi (39%), 11 siswa berada dalam kategori sedang (48%), dan 3 siswa berada dalam kategori rendah (13%). Dengan demikian, kesimpulan dapat diambil bahwa kemampuan komunikasi siswa kelas VIII G di SMP Negeri 2 Karawang Timur pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel tergolong dalam kategori sedang, mencapai sekitar 48%.