Kemampuan Berpikir Aljabar dalam Matematika pada Siswa Kelas VIII SMPN 04 Kota Bekasi
Abstract
Kemampuan berpikir aljabar adalah kemampuan siswa dalam mengolah dan merepresentasikan suatu kejadian atau pertanyaan dengan menggunakan simbol dan atau alat matematis. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII di SMPN 04 Kota Bekasi. Riset ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang diteliti dalam artikel ini adalah 37 siswa kelas VIII SMPN 04 Kota Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan instrumen tes kemampuan berpikir aljabar yang memuat (1) generasional, (2) transformasi dan, (3) level-meta global, selanjutnya beberapa siswa yang sudah dipilih berdasarkan kriterianya diambil untuk memberikan keterangan lebih lanjut mengenai jawaban dari soal yang memuat indikator berpikir aljabar.Hasil dari kajian ini menggambarkan bahwa kemampuan generasional, transformasional, dan level-meta global sudah mulai terlihat di beberapa siswa kelas VIII walau belum maksimal, siswa dalam kelompok tingkat tinggi memiliki kemampuan berpikir generasional dan transformasional yang cenderung tinggi. Namun, dalam aktivitas transformasional, siswa pada kelompok tingkat sedang memiliki rentang kemampuan dari rendah hingga tinggi, sementara dalam aktivitas level-meta global memiliki kemampuan yang cenderung rendah. Siswa dalam kelompok tingkat rendah memiliki kemampuan berpikir rendah dalam aktivitas generasional, transformasional, dan level-meta global.