Kemampuan Siswa dalam Membuat dan Membaca Grafik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam membuat dan membaca grafik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan sepuluh siswa dari kelas VIII J di SMP Negeri 3 Karawang Barat. Hasil penelitian menunjukkan variasi kemampuan siswa, di mana beberapa siswa menunjukkan kemampuan baik dalam membuat dan membaca grafik, tetapi masih ada yang mengalami kesulitan.
Evaluasi indikator soal menunjukkan bahwa sebagian siswa kesulitan dalam membuat grafik yaitu pada pemodelan matematika, operasi aljabar, dan pembuatan grafik. Siswa juga belum sepenuhnya mampu dalam membaca grafik dengan akurat, terutama dalam menentukan nilai titik potong. Simpulan dari penelitian ini adalah sebagian siswa menunjukkan kemampuan yang baik, tetapi masih diperlukan peningkatan lebih lanjut, terutama dalam kemampuan pemodelan matematika dan operasi aljabar. Perlu diselaraskan pemahaman siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat dan membaca grafik pada materi SPLDV di masa depan. Penelitian ini memberikan dasar yang baik untuk pengembangan pembelajaran, dengan fokus pada peningkatan kemampuan siswa dalam membuat dan membaca grafik materi SPLDV.