PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan model problem-based learning terhadap pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi koordinat kartesius lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telukjambe Timur. Sedangkan pengambilan sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu dipilih kelas VIII K sebagai kelas eksperimen yang menggukan model problem-based learning dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan koneksi matematis pada penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini berupa data hasil pretest, posttest, dan gain yang diolah melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji Mann-Whitney menggunakan software SPSS21.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.
Kata kunci : Problem-Based Learning, koneksi matematis.
Downloads
References
Armiati, Novita dan Sri. (2018). Dampak Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Koneksi Matematis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. Jurnal Eksakta Pendidikan, (2)1. Juli 4, 2018. Tersedia: http://jep.ppj.unp.ac.id/index.php/jep/article/view/141
Edistira. (2016). Pengaruh Hypnoteaching dalam Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar STKIP Surya, (1)2.April 3, 2018. Tersedia: http://jipd. uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/23
Kartikasari dan Widjajanti. (2017). The Effectiveness of Problem Based Learning Aprroach Based on Multiple Intelligences in Teams od Student’s Achievement, Mathematical Connection Ability, and Self Esteem. Jurnal of Physics:ConferenceSeries 812 (1):1-7. doi:10.1088/17426596/ 812/1/012097. Agustus 12, 2018. Tersedia:http://iopscience .iop.org/article/10.1088/1742-6 596/812/1/012 097/pdf
Linto dan Yusmet. (2012). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, (1)1. April 15, 2018. Tersedia: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/viewFile/1176/868
Murtiyasa. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional dan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta. Juli 3, 2018. Tersedia: https://publi kasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6005/28_47%20PROF%20BUDI%20M.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Nurfitria, Bambang dan Asep. (2013).Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Dasar Matematika Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Untan, (2)12. April 15, 2018. Tersedia: http:// jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4031/4069
Romli. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan Sma Dengan Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Journal ofMathematics Education, Science and Technology,(1)2. April 4, 2018. Tersedia: http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1241/1078
Soekisno.(2015).Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi MatematisMahasiswa. Infinity Journal,(4)2. Agustus 12, 2018. Tersedia:http://e-journal. stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/77
Sugiarti dan Basuki. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika,(3)3. April 13, 2018. Tersedia: https://journal. institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv3n33/240
Trihendardi.(2009). 7 Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 17. ANDI
Widjajanti.(2011).Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA UNY pada tanggal 14 Mei 2011.Juli 4, 2018. Tersedia:http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131569335/Makalah%20Djamilah%20Semnas%2014%20MEI%202011.pdf
Wiyono.(2013).Pembelajaran Matematika Model Concept Attainment Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segitiga. Journal of Educational Research and Evaluation,(2)1. Agustus 16, 2018. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/1338