PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Kelas VII. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah pre experimental dengan bentuk desain one group pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Telukjambe Timur dengan mengambil satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII Seni 2 yang berjumlah 38 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan tes uraian sebanyak 5 soal yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan materi konsep himpunan, himpunan kosong dan himpunan semesta, himpunan bagian dan himpunan kuasa, operasi himpunan (irisan, gabungan, komplemen, dan selisih). Terdapat tiga tahapan pada penelitian yaitu : pretest, treatment, dan posttest. Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal komunikasi matematis siswa sebelum diberikan treatment. Setelah diberikan pretest, selanjutnya peneliti memberikan treatment yaitu dengan memberikan pengajaran menggunakan model pembelajaran make a macth. Setelah diberikan treatment, selanjutnya peneliti melakukan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis dari uji-t untuk dua sampel dependen menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 kurang dari . Yang artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Kelas VII.Downloads
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Huda, M (2011). COOPERATIVE LEARNING (Metode, Teknik, Struktur, dan Model Pembelajaran). Pustaka pelajar : Yogyakarta.
Husna, dkk. (2013). “Peningkatan Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang. Vol 1, No. 2 : 81-92. Tersedia. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/download/1061/997.diakses pada [08 Juni 2018]
Maarif, S. dan Nurmilah, R. (2015). “Komunikasi Matematika Tertulis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika”. Jurnal APOTEMA, Vol 1, No 1. Tersedia.http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4729/4786.diakses pada [31 mei 2018]
Ningsih, R. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio Kelas X Audio Video Di Smk Negeri 1 Saptosari”.
Nurkhasanah, T.F (2015). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII E SMPN 1 Kejobong Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Think Pair Share (TPS)”. Thesis. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pendidikan Matematika. Tersedia. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/69 . Html [26 Mei 2018]
Rachmayani, D. (2014). “Penerapan pembelajaran Resiptocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar matematika siswa”. Jurnal Pendidikan Unsika. Vol 2, No 1.
Sundayana. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: Alfabeta.
Sudjana, N. (2006). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Ubaidah, N. (2016). “Pemanfaatan CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Make a Match “. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4, No 1 : 53-70.Tersedia.http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313017/9496nila_artikel_p.mat_2016.pdf. diakses pada [06 April 2018].