KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN

Authors

  • Ayu Aprilianti Dwi Fani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • kiki nia sania effendi pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstract

Artikel ini merupakan studi awal untuk mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi lingkaran. Materi lingkaran merupakan salah satu materi pelajaran matematika SMP yang terdapat di kompetensi dasar kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX G salah satu di kecamatan Cilamaya Wetan Tahun Pelajaran 2019/2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling dan diperoleh sebanyak 28 orang siswa dari kelas IX G. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode dekriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan koneksi matematis yang berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukan nilai hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa terdapat 4 orang siswa dengan presentase 14,81% yang berkategori tinggi, 15 orang siswa dengan presentase 55,56% yang berkategi sedang, dan 8 orang siswa dengan presentase 30% yang berkategori rendah.

 

Kata kunci:

kemampuan koneksi matematis, Lingkaran, Siswa SMP

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ayu Aprilianti Dwi Fani, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Matematika

References

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto. (2017). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran . Bandung: Bumi Aksara.

Effendi, K., & Aini, I. (2018). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi

Guru Matematika SMP di Telukjambe, Karawang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 45-52.

Jingga. Anisa. 2018. Pendekatan Dan Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013

Revisi 2017 Yang Mendukung Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. ISSN: 2339-1685

Johnson, E. B. (2009). Contextual teaching and learning: what it is and why it’s here to stay. (Terjemahan A. Chaedar Alwasilah).

California: Corwin Press, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2002)

Martiana. Nurciah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Model Eliciting Activities (MEAs).

Ni’mah. Anis. (2017). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas ix a mts negri 1 jember subpokok bahasan kubus dan balok.

NCTM. (2000). Principles and Standards for school Mathematics. Resto. V.A:

https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_Exe

cutiveSummary.pdf.

Ramlah, & Hanifah. 2018. Menyeimbangkan fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu

Dalam Pencapaian Pemahaman Matematis Siswa SMP. SJME (Supremum

Journal of Mathematics Education), 17-25

Rohendi, D., & Dulpaja, J. (2013). Connected Mathematics Project (CMP) Model Based

on Presentation Media to the Mathematical Connection Ability of junior High

School Student. Journal of Education and Practice, 4(4).

Susanti, V. D. 2017. Profil Pemahaman Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Mata Kuliah Matematika SMP ditinjau dari multiple Intelligence. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 57-67.

Tanjung. (2015). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika.

Diambil kembali dari

https://srirayani.wordpress.com/2015/05/18/kemampuan-koneksimatematika-

dalam-pembelajaran-matematika

Widyawati. Santi. 2016. Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap

Prestasi Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP

Kota Metro. Jurnal of Education, Society & Behavioural Science. ISSN:

-4449

Published

2019-12-09

How to Cite

Fani, A. A. D., & effendi, kiki nia sania. (2019). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2297

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>