Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di salah satu SMP yang berada di Kabupaten Karawang dalam menyelesaikan soal segiempat dan segitiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek penelitian melalui observasi analisis, sehingga diperoleh 6 siswa dari jumlah siswa 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen soal tes uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis di salah satu SMP yang berada di Kabupaten Karawang dalam kategori rendah. Pada kategori tinggi terdapat pada indikator 1) fluency, yaitu siswa sudah dapat memberikan sebuah ide untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dengan lancar dan tepat; pada kategori sedang terdapat pada indikator 2) flexibility, siswa sudah mampu memberikan jawaban dengan caranya sendiri dan jawabannya tepat meskipun siswa keliru dalam menuliskan satuan untuk menghitung luas; sedangkan pada kategori rendah terdapat pada dua indikator yaitu pada indikator 3) originality, siswa belum mampu memberikan ide yang unik dan belum mampu membuat kombinasi-kombinasi dari bagian-bagian yang diketahui pada soal untuk menyelesaikan permasalahan; dan pada indikator 4) elaboration, siswa sama sekali belum mampu mengembangkan suatu ide atau gagasan dalam menyelesaikan masalah.
Kata kunci:
Kemampuan berpikir kreatif matematis, segiempat dan segitiga
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Al Adawiah, S. R., Rumbiyah, S. R., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Journal On Education, 01(03), 460-470.
Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015). Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 38-48.
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. JUrnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 239-248.
Arifin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Aksioma, 6(2), 225-233.
Azwar, S. (2007). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130-137.
Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas VIII Di Kota Cimahi Pada Materi Bangun Datar Segi Eempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 333-346.
Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Pada Materi Lingkaran. Aksioma, 7(1), 80-86.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Herawati, E., Somatanaya, A. G., & Hermanto, R. (2019). Hubungan Self-Confidence Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik Yang Diajar Menggunakan Model Ecliting Activities (MEAs). Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 1-9.
Sumarmo, U. (2015). Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: Kumpulan Makalah.
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Triginometri Ditinjau Dari Self Confidence. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 383-394.