Analisis Learning Loss Siswa Berdasarkan Interaksi Terhadap LKPD pada Materi Koordinat Kartesius

Authors

  • Nisa Nabilatuzzahra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanifah Nurus Sopiany

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan interaksi siswa dalam mengerjakan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk mengetahui permasalahan learning loss pada siswa pada
materi koordinat kartesius khususnya posisi titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y sebagai
dampak dari pandemi covid-19. Materi ini memerlukan pemahaman prasyarat sistem
koordinat, aljabar, dan SPLSV yang dipelajari siswa saat berada di jenjang Sekolah Dasar
secara daring saat pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode
kualitatif deskriptif mengenai interaksi siswa selama mengerjakan LKPD. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 2 orang siswa kelas VIII-I di SMP Negeri 2 Karawang
yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan
interaksi siswa dalam mengerjakan LKPD yang mengindikasikan bahwa kedua siswa
mengalami learning loss dengan tingkat yang tidak terlalu parah pada submateri yang
berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-15

How to Cite

Nabilatuzzahra, N., & Sopiany, H. N. (2023). Analisis Learning Loss Siswa Berdasarkan Interaksi Terhadap LKPD pada Materi Koordinat Kartesius. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7707

Most read articles by the same author(s)