Hubungan antara Kemampuan Penalaran Matematis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Aritmetika Sosial
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menemukan hubungan anatara kemampuan penalaran matematis dengan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi aritmetika sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karawang Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampelnya adalah siswa kelas VIII K SMP Negeri 3 Karawang Barat yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Desain penelitiannya korelasional. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berpikir kreatif pada materi aritmetika sosial. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan penalaran matematis dengan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika pada materi aritmetika sosial.