Menelusuri Penyebab Learning Loss Terhadap Materi Persamaan Garis Lurus pada Siswa SMP
Abstract
Pembalajaran.Jarak Jauh telah berlangsung di Indonesia.selama kurang lebih dua tahun, yang merupakan salah satu dampak dari wabah.covid-19. Pembelajaran jarak.jauh yang berkepanjangan tanpa memaksimalkan penggunaan LKPD dikhawatirkan akan menyebabkan kompetensi belajar siswa dan mengarah pada learning loss yaitu kondisi dimana siswa kehilangan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses belajar peserta didik berdasarkan interaksi terhadap LKPD pada materi Persamaan garis lurus dengan materi prasyarat koordinat kartesius. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, diperoleh 2 siswa dari 40 siswa kelas VIII-i SMPN 2 Karawang Barat. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwa kedua siswa di kl\elas VIII-I terindikasi mengalami learning loss dengan karakteristik/ profil yang berbeda pada LKPD terbimbing dengan materi persamaan garis lurus.