PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION

Penulis

  • Siti Nurdiana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang memperoleh pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Hal ini sejalan dengan adanya permasalahan rendahnya komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Rawamerta dengan sampel sebanyak dua kelas dan cara pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Kedua kelas tersebut diberikan pretest, treatment dan posttest. Data yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu berupa tes uraian 4 soal. Analisis data kuantitatif penelitian menggunakan software SPSS versi 23 for windows dan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dan indeks gain ternormalisasi (N-Gain). Hasil data yang diolah dari uji perbedaan dua rata-rata ialah 0,000 dan hasil data rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,63 dan kelas control 0,48. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Auditory Intellectually Repetition lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.

 

Kata kunci :Kemampuan Komunikasi Matematis, Auditory Intellectually Repetition.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hardiyanti, dkk. (2013). Pengaruh penggunaan model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas X. kumpulan artikel mahasiswa pendidikan teknik informatika (KARMAPATI). Volume 2, nomor 4

Huda, M. (2013). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Khadijan dan sukmawati. (2013). Evektivitas model pembelajaran auditory intellectually repetition dalam pengajaran matematika di kelas vii MTs. Jurnal pendidikan matematika. Vol1. Nomor1

Julianti, sefmimi. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetitin (AIR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa MTsN Pekanbaru. Skripsi FTK UIN SUSKA Riau: Tidak diterbitkan

Lestari dan Yudhanegara (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:Rafika Aditama

National Cauncil of Teacher of Mathematics. (2000). Principle and standards for school Mathematics, reston, VA : NCTM

Nurlela.(2014). Meningkatkan kemampuan komenikasi matematik dengan model auditory intellectually repetition (AIR) pada kelas VIII smp negeri 1 langsa. Skripsi STAIN zawiyah cot kalalangsa : Tidak diterbitkan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomer 58 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013

Ranti, gadih mayang. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan strategi writing to learn pada siswa smp. Jurnal matematika. Vol.1 no.2

Shoimin,Ari. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Nurdiana, S., & Effendi, K. N. S. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2096

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>