PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • Aiva Rahma Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Maman Suryaman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rikayanti Rikayanti Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dan mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cikampek, sedangkan sampel penelitiannya dipilih dua kelas, yaitu kelas eksperimen (Model Problem Based Instruction) dan kelas kontrol (Model problem Posing) yang masing-masing berjumlah 40 orang. Analisis data kuantitatifdalam penelitian ini menggunakan bantuan Software SPSS Statistic 23 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, hal ini terlihat dari hasil analisis data posttest dengan mengunakan effect size, diperoleh nilai effect size sebesar 0,85 yang berarti kriteria besar. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Posing. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis nilai posttest dengan menggunakan uji Mann-

 

Withney satu pihak (pihak kanan) dengan taraf signifikansi diperoleh nilai signifikan sebesar 0,0005

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta. Tidak diterbitkan.

Fadhlin, Azizah. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Madrasah Tarbiyah Islamiyah Batu Belah Kecamatan Kampar. Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru: Tidak diterbitkan.

Hidayatullah,Taufik. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Skripsi Universitas Singaperbangsa Karawang: Tidak Diterbitkan.

Himmah H.A dan Kurniasari. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Model Pisa Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika MATHEdunesa.3.(5).1-10.

Lestari, Karunia E dan Mokhammad Ridwan Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: Refika Aditama.

Margana, Ahmad.(2016) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Pendisikan matematika STKIP Garut“Mosharafa”. 5.(1).18-25.

Polya, G (1985). How to Solve it. A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey :Princeton University Press

Sumarmo, Utari. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Jurnal FMIPA UPI Bandung.

Tan, Oon-Seng (2004). Enhancing thinking throught problem-based learning approach; international perspectives. Singapura: Thomson.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Rahma, A., Suryaman, M., & Rikayanti, R. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2101

Terbitan

Bagian

Artikel