PETA KONSEP SISWA LAKI – LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kegunaan peta konsep siswa dalam penyelesaian masalah matematika yang dilakukan oleh siswa laki – laki dan perempuan pada materi teorema Phytagoras ditingkat sekolah menengah pertama kelas VIII SMP Negeri 6 Karawang Barat. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode pendekatan penelitian kualitatif dengan analisis yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis secara deskriptif menggunakan teknik simple random sampling pada enam siswa. Agar mendapatkan gambaran penyelesaian masalah matematis dengan model pembelajaran problem based learning yang dilakukan antara siswa laki - laki dan perempuan. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara sederhana terhadap siswa SMP kelas VIII SMP Negeri 6 Karawang Barat. Penggunaan Peta Konsep berfungsi untuk membantu siswa memecahkan masalah dari persoalan Teorema Phytagoras.