Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Asal Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4280Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa ditinjau dari asal sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ialah mahasiswa angkatan 2018 semester II dari Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitiannya menunjukkan baik kemampuan penalaran matematis maupun kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa berada pada kategori sedang, sementara faktor-faktor yang memengaruhi kedua kemampuan tersebut diantaranya adalah rasa malas, pendekatan belajar, dan ketidaktertarikan pada matematika.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa ditinjau dari asal sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ialah mahasiswa angkatan 2018 semester II dari Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitiannya menunjukkan baik kemampuan penalaran matematis maupun kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa berada pada kategori sedang, sementara faktor-faktor yang memengaruhi kedua kemampuan tersebut diantaranya adalah rasa malas, pendekatan belajar, dan ketidaktertarikan pada matematika.
Downloads
References
Adnan, M. R. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aljabar Kelas VII MTs Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa [UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/9048
Ammar, A. S., & Dewanto. (2020). Peta Kemampuan Dasar Mahasiswa dengan Latar Belakang Sekolah (SMK dan SMA) di Prodi S-1 Pendidikan Teknik Mesin Produksi 2013 Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/31778
Danim, S. (2011). Pengantar Kependidikan “Landasan, Teori, dan 234 Metafora Pendidikan.” Bandung: Alfabeta.
Drajat, Z. (2014). Ilmu Pendidikan Islam (Cet. 11). Jakarta: Bumi Aksara.
Imamuddin, M., Rusdi, Isnaniah, & Audina, M. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5138
Kasanah, N. U., & Murtiyasa, B. (2017). Analisis Deskritif Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Sekolah Dasar Kelas IV Kurikulum 2013 Ditinjau dari Aspek Kognitif TIMSS [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/49354
Kirana, N. C., Kusdiwelirawan, A., & Suminten, N. (2020). Pengaruh Pemberian Open-Ended Test Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. WAPFI: Wahana Pendidikan Fisika, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/wapfi.v5i1.23455
Lestanti, M. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/22273/1/4101411118-s.pdf
Nasution, M. (2018). Konsep Standar Proses dalam Pembelajaran Matematika. LOGARITMA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(1). https://doi.org/http://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1249
Sayidani, A., Irianto, W. S. G., & Fuady, M. J. (2016). Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Lulusan SMA dan SMK Pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Jurnal Tenologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 39(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7789
Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education, 196(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1177%2F002205741619600202
Usman, H. (2017). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs 1 Model Makassar.
Warhamni, O. (2017). Pengaruh Asal Sekolah dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri Suralaga Tahun Pelajaran 2016/2017 [UIN Mataram]. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/128
Yuniawati, T. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Metematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Analisis Kemampuan Penalaran Metematis, 1(1). https://studylibid.com/doc/1046020/jurnal-analisis-kemampuan-penalaran-metematis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).