Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Asal Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4280Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, serta faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa ditinjau dari asal sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi dengan desain urutan penemuan. Sumber data dari penelitian ini ialah mahasiswa angkatan 2018 semester II dari Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitiannya menunjukkan baik kemampuan penalaran matematis maupun kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa berada pada kategori sedang, sementara faktor-faktor yang memengaruhi kedua kemampuan tersebut diantaranya adalah rasa malas, pendekatan belajar, dan ketidaktertarikan pada matematika.
Unduhan
Referensi
Adnan, M. R. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aljabar Kelas VII MTs Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa [UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/9048
Ammar, A. S., & Dewanto. (2020). Peta Kemampuan Dasar Mahasiswa dengan Latar Belakang Sekolah (SMK dan SMA) di Prodi S-1 Pendidikan Teknik Mesin Produksi 2013 Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/31778
Danim, S. (2011). Pengantar Kependidikan “Landasan, Teori, dan 234 Metafora Pendidikan.” Bandung: Alfabeta.
Drajat, Z. (2014). Ilmu Pendidikan Islam (Cet. 11). Jakarta: Bumi Aksara.
Imamuddin, M., Rusdi, Isnaniah, & Audina, M. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5138
Kasanah, N. U., & Murtiyasa, B. (2017). Analisis Deskritif Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Sekolah Dasar Kelas IV Kurikulum 2013 Ditinjau dari Aspek Kognitif TIMSS [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/49354
Kirana, N. C., Kusdiwelirawan, A., & Suminten, N. (2020). Pengaruh Pemberian Open-Ended Test Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. WAPFI: Wahana Pendidikan Fisika, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/wapfi.v5i1.23455
Lestanti, M. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/22273/1/4101411118-s.pdf
Nasution, M. (2018). Konsep Standar Proses dalam Pembelajaran Matematika. LOGARITMA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(1). https://doi.org/http://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1249
Sayidani, A., Irianto, W. S. G., & Fuady, M. J. (2016). Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Lulusan SMA dan SMK Pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Jurnal Tenologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 39(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7789
Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education, 196(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1177%2F002205741619600202
Usman, H. (2017). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs 1 Model Makassar.
Warhamni, O. (2017). Pengaruh Asal Sekolah dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri Suralaga Tahun Pelajaran 2016/2017 [UIN Mataram]. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/128
Yuniawati, T. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Metematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Analisis Kemampuan Penalaran Metematis, 1(1). https://studylibid.com/doc/1046020/jurnal-analisis-kemampuan-penalaran-metematis
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.