Peningkatan Kemampuan Strategis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kuantum
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.921Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran kuantum, dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tangerang. Sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari kelas VII. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kuantum, dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan kompetensi strategis matematis. Pengolahan data peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian yang diperoleh adalah peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kuantum lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Afrilianto, M. (2012, September). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, 1, 1-11.
Amalia, K. D. (2016, Februari). Peningkatan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMK Melalui Strategi Team Based Learning. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, 5, 1-14.
DePorter, B. R. (2010). Quantum Teaching:mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. (F. Syahrani, Ed., & A. Nilandari, Trans.) Bandung: Kaifa.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran:isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Reflika Aditama.
Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Berbasis Kompetensi:Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riadi, E. (2014). Metode Statistika: Parametrik & Nonparametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).