Peningkatan Kemampuan Strategis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kuantum
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.921Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran kuantum, dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tangerang. Sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari kelas VII. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kuantum, dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan kompetensi strategis matematis. Pengolahan data peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian yang diperoleh adalah peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kuantum lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Unduhan
Referensi
Afrilianto, M. (2012, September). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, 1, 1-11.
Amalia, K. D. (2016, Februari). Peningkatan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMK Melalui Strategi Team Based Learning. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, 5, 1-14.
DePorter, B. R. (2010). Quantum Teaching:mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. (F. Syahrani, Ed., & A. Nilandari, Trans.) Bandung: Kaifa.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran:isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Reflika Aditama.
Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Berbasis Kompetensi:Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riadi, E. (2014). Metode Statistika: Parametrik & Nonparametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.