Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Ditinjau Dari Habits Of Minds
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4510Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah perbedaan kemampuan penalaran matematik siswa antara yang pembelajarannya menggunakan pendekatan metakognitif dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari Habits of Mind (HOM). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas Angkatan 2017 dari 4 kelas yang ada. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berbentuk tes yang berupa soal uraian sebanyak 5 soal, dan non tes berupa angket skala likert dengan 32 pernyataan. Pengolahan data dilakukan dengan uji anova dua jalur menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat hasil terdapat pengaruh model pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan penalaran matematik siswa, terdapat pengaruh Habits of Mind terhadap kemampuan penalaran matematik siswa dan tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran metakognitif dan Habits of Minds terhadap kemampuan penalaran matematik siswa
Unduhan
Referensi
Admura, F., & Susanti (2018). Penalaran mahasiswa dalam memecahkan masalah analisis real berdasarkan kemampuan berpikir intuitif. Jurnal of Mathematics and Mathematics Education. Vol 8(2). P-156-172. Desember 2018.
Aminah, M., Kusumah, Y.K., Suryadi, D. and Sumarmo, U. (2017). “Enhancing Students’ Mathematical Logical Thinking Ability and Self Regulated Learning By Using Metacognitive Teaching-Learning”. Paper published in International Journal of Instruction. July, 2018. Vol. 11-number.3.
Burais , L., Ikhsan, M. & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 3, No.1, April 2016.
Chrissanti, M.I & Widjajanti, D.B. (2015). Keefektifan pendekatan metakognitif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis,danminat belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 2 –Nomor 1, Mei 2015, (51 -62).
Costa, AL., & Kallick, B., Translator by Brian Reza Daffi (2012) Belajar dan Memimpin dengan ‘Kebiasaan Pikiran’: 16 Karaktertistik Penting untuk Sukses. Jakarta: Index.
Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. JPPM, Vol. 11 No. 2 (2018).
Hastratudin dan Kurniasih, I. (2017). Improving Critical Thinking and Emotional Tntelligence Capabilities of Secondary School Student throught Realistic Mathematics Education Approach. International Journal of Innovation in Science and Mathematics., 5(1),1-6
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : Refika Aditama.
Lestari, I. & Andinny, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen Vol. 6 No. 1, Januari 2020, hal. 1 – 12.
Nindiasari, H., Kusumah, SK., Sumarmo, U., and Sabandar, Y. (2014). “Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA”. Edusentris Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol.1, No. 1, Maret 2014, pp 80-90.
Noto, M. S. (2015). Efektivitas Pendekatan Metakognisi terhadap Penalaran Matematis pada Matakuliah Geometri Transformasi. Jurnal Infinity. Vol. 4(1). 2015
Rosnawati. (2013). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding seminar nasional penelitian, Pendidikan , danpenerapan MIPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 18 Maret 2013.
Safari, S., Cahyono, E., & Kadir. (2019). Pengaruh Pendekatan Metakognitif terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, Vol. 1(1).
Sumartini,T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Musharafa. Volume 5, Nomor 1, April 2015.
Susanti, E., (2015). Problem of High Order Thinking Skills to Train Mathematical Thinking Habits. Tersedia pada: http://eprints.unsri.ac.id/.
Vygotsky, L. S. (1987). Mind in Society. The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge : Harvard University Press. 1987.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik
terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2021-03-19 (3)
- 2021-03-19 (2)
- 2021-01-29 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.